Sabtu, 09 Februari 2019

Musrenbangdes Desa Dukuh Tahun 2019




Magetan – Serda Abdul Manis merupakan Babinsa Desa Dukuh Koramil 0804-13/ Bendo ikut serta dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Ini merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan yaitu tahun 2020. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap awal tahun dengan mengacu pada RPJM Desa.

Setiap Desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKPDes. Musrenbang diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan umum demi kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia dari dalam desa. Oleh karena itu hari ini Desa Dukuh mengadakan Musrenbang Desa yang dilaksanakan di Balai Desa Dukuh Kecamatan Bendo. (Sabtu, 09/02/19).

Dalam Musrenbangdes tersebut dihadiri oleh Camat Bendo Drs. Kun Ihwan Hidayat MSi, Babinsa Serda Abdul Manis, Babinkamtibmas Brigadir Bambang, Kepala Desa dan perangkat, Ketua BPD dan Anggota, Ketua LPM dan Anggota, Ketua Rt/Rw, Penggerak PPK dan tokoh masyarakat serta undangan 50 orang.

Serda Abdul Manis menegaskan bahwa ini merupakan musyawarah untuk mufakat, jadi para perwakilan warga silahkan mengusulkan sasaran-sasaran yang ingin dilaksanakan pembangunan. Dalam mencari sasaran betul-betul yang diperlukan oleh masyarakat dan untuk kepentingan umum. Sehingga nanti apabila dilihat yang mendesak dan menjadi prioritas maka bisa dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020. Seandainya usulan tersebut tidak bisa dimasukan dalam anggaran tahun 2020 maka diharapkan bisa diagendakan untuk dimasukan dalam anggaran tahun berikutnya.

“Bahwa hari ini kita melaksanakan musrenbang, ini merupakan sebagai acuan penyusunan RKPDes tahun 2020. Jadi apa-apa yang menjadi usulan-usulan yang bapak-bapak dan ibu-ibu sampaikan nanti kita musyawarahkan bersama sehingga muncul prioritas-prioritas yang sangat mendesak untuk pembangunan Desa Dukuh. Ini perlu kerja sama yang baik antar lembaga yang ada di desa dengan pemerintah desa sehingga muncul kesepakatan-kesepakatan mana yang lebih didahulukan, Agar pembangunan desa dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target yang ingin dicapai”. tutur Drs. Kun Ihwan Hidayat MSi. (tsr/R13)


Tidak ada komentar: