Kamis, 21 Februari 2019

Serbuan Teritorial Babinsa Koramil 0804/03 Panekan Bantu Pelaksanaan Fogging Bersama Dinas Kesehatan


Magetan - Babinsa Koramil 0804/03  Panekan babinsa desa Terung sertu sujoko dan anggota koramil panekan adakan serbuan teritorial membantu Dinas Kesehatan dan puskesmas panekan melakukan pengasapan (fogging) di masa musim penghujan ini untuk membasmi dan mencegah nyamuk Demam Berdarah (DBD) di Desa Terung  Kecamatan Panekan. Kamis (21/02/19).

Masyarakat desa terung  menyambut gembira dan antusias kehadiran babinsa dan petugas Dinas Kesehatan  bahkan mereka juga turut membantu pelaksanaan kegiatan fogging. Warga sangat terbantu atas kegiatan fogging  ini. Pelaksanaan fogging  bertujuan  untuk mencegah  berkembangnya Nyamuk Demam Berdarah  di Rt 07 dan Rt 08/01 serta di areal Sekolah Dasar Negeri Terung.

Babinsa Desa terung  mengajak kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. kegiatan fogging ini merupakan salah satu cara untuk mematikan dan memotong siklus penyebaran nyamuk Aedes Aegepty.

“Namun, kami juga minta agar minta agar warga peduli lingkungan, salah satu caranya dengan menjaga kebersihan sekitar,” kata sertu sujoko.

Pelaksana program DBD pukesmas panekan ibu Badriyatin menghimbau kepada Warga agar dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

“pencegahan dengan langkah 3M, selain itu tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan air,” pungkasnya.

Sementara itu Danramil 0804/03 panekan kapten cba Ahmad mubangit  memerintahkan kepada  para babinsanya  agar  selalu perduli terhadap lingkungan di desa binaan, harus terus berperan aktif di masyarakat yang salah satunya membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan/fogging dan sosialisasi kepada masyarakat”, ujarnya. ( R. 03 ).

Tidak ada komentar: