Selasa, 19 Maret 2019

ANGGOTA KORAMIL 0804/13 BENDO MELATIH PARA CALON PENEGAK BANTARA GUDEP SMKN 1 BENDO YANG AKAN DILANTIK.

BENDO, Penegak Bantara adalah tingkatan syarat-syarat kecakapan umum pertama dalam satuan pramuka penegak sebelum penegak Laksana. Golongan pramuka penegak yang belum menyelesaikan syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara belum dianggap sebagai pramuka penegak dan disebut sebagai “tamu ambalan“ atau “tamu penegak“ sedangkan singkatan dari Bantara yaitu bantuan tenaga rakyat. Sebelum dilantik sebagai Bantara diadakan perkemahan dan latihan kepramukaan yang dilatih langsung dari Anggota Koramil 0804-13/ Bendo. (Senin, 18/03/19)

Dalam pelaksanaan pelantikan Bantara tersebut dilaksanakan perkemahan selama 3 hari dari tanggal 16 sampai dengan 18 maret 2019. Bertempat di Perkebunan kopi Desa Kandangan Kecamatan Kare Kabupaten Madiun yang diikuti 680 peserta siswa/siswi kelas X SMKN 1 Bendo Kabupaten Magetan. Kegiatan Pembantaraan Kepramukaan tersebut di Bina dan dilatih Personel dari Koramil 0804/13 Bendo sebanyak 4 orang yang dipimpin Pelda Sukarno.

Untuk kegiatan hari pertama tanggal 16 Maret 2015 pemasangan  tenda dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Bendo. Kemudian dilanjutkan pengarahan dan setelah sholat magrib seluruh peserta melaksanakan doa bersama sampai sholat isya. Selesai sholat seluruh peserta perkemahan mendapatkan materi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Cinta tanah air dan Kedisiplinan dari anggota Koramil 0804-13/ Bendo  Pelda Sukarno.

Di hari kedua tanggal 17 maret 2019  peserta perkemahan melaksanakan kegiatan penjelajahan (outbond) menyusuri perbukitan dan sungai kurang lebih jaraknya 6 km, namun cuaca yang sejuk dan pemandang yang indah serta ada air terjunnya membuat para peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Dalam outbond ini dibagi beberapa pos yang masing-masing pos menguji satu materi dan harus dipecahkan oleh setiap sanggar sebelum menuju ke pos berikutnya. Untuk Pos 1 materi PBB, Pos 2  materi Wasbang, Pos 3 materi pioneer, Pos 4 materi kompas dan Pos 5 materi Orientasi peta. Setelah peserta selesai dari pos 5 langsung masuk menyusuri sungai yang airnya dingin sekali dengan menyanyikan lagu syukur dan dilanjutkan perjalanan ke bumi perkemahan. Sementara perwakilan yang ditinggal ditenda juga melaksanakan kegiatan lomba memasak dan lomba kebersihan lingkungan tenda dari masing-masing sanggar, sedangkan kegiatan malamnya diadakan lomba yel-yel dan lomba kesenian antar sanggar dilanjutkan acara api unggun.

Hari ketiga tanggal 18 Maret 2019 melaksanakan upacara penutupan perkemahan dilanjutkan pelantikan pramuka penegak bantara. Setelah upacara pelantikan selesai waktunya pembokaran tenda. Kemudian dilanjutkan kerja bakti di sekitar area perkemahan berupa pembersihan sampah yang dihasilkan pada saat perkemahan maupun rumput-rumput yang ada di sekitar lapangan perkemahan. Setelah selesai karya bakti seluruh peserta naik ke kendaraan truk yang sudah disiapkan pihak sekolah kemudian kembali ke home base yaitu SMKN 1 Bendo.

Pelda Sukarno menuturkan bahwa kegiatan semacam ini setiap tahun dilaksanakan oleh SMK 1 Bendo  yang selalu bekerja sama dengan anggota Koramil 0804-13/ Bendo  untuk melatih adik-adik kita sebelum dilantik menjadi penegak bantara perlu adanya latihan-latihan seperti ini agar mereka cakap dan mampu dalam menghadapi situasi dan kondisi medan yang susah sekalipun. Ini merupakan bekal bagi adik pramuka penegak bantara nantinya. (R13)

Tidak ada komentar: