Selasa, 05 Maret 2019

Batuud Koramil 04 Parang Dan Anggota Persit Ranting 5 Parang Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Tanaman Obat Keluarga (Toga)

Magetan, Batuud Koramil 0804/04 Parang Serma Samsi bersama Anggota Persit Ranting 5 Parang melaksanakan Kerja bakti dalam rangka pembuatan kebun tanaman toga di Lahan Kosong belakang Koramil 04 Parang Kec.Parang Kab Magetan.Selasa 05/03/2019.


Adapun Serma Samsi sebagai Batuud Koramil 04 Parang sekaligus pembina persit Ranting 5 Parang mengatakan,Tanaman obat keluarga (TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat, pada hakekatnya Toga ini di tanam pada sebidang tanah, baik di halaman rumah/Kantor, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Pemanfaatan lahan kosong yang ada di belakang Kantor Koramil  ini bertujuan untuk membudidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) kegiatan ini dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Tanaman yang dipelihara di pekarangan Kantor Koramil tidak memerlukan perawatan khusus, baik sebagai bumbu dapur atau bahan obat. Perlakuan khusus dalam budi daya tanaman obat dilakukan dalam skala usaha, dengan tujuan untuk memperoleh kualitas dan kuantitas hasil yang optimal. Dalam budi daya tanaman obat dapat dimanfaatkan pupuk organik untuk menambah unsur hara mineral yang dibutuhkan tanaman. Pupuk organik yang digunakan di antaranya adalah pupuk kandang, kompos, sampah dapur."Pungkasnya"(tsr/R 04)

Tidak ada komentar: