Kamis, 14 Maret 2019

Danramil 0804/01 Magetan Menghadiri Undangan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Massa Keanggotaan Th 2019 - 2025 Kab. Magetan.

Magetan, Kapten Infanteri Kiswanto S.E menghadiri undangan di GOR KI MAGETI d.a Jl. Yosonegoro no.01 Magetan,dalam rangka kegiatan Pengambilan sumpah/janji anggota BPD Kab. Magetan massa keanggotaan Tahun 2019 - 2025,sebagai penangung jawab Drs Iswahyudi Yulianto, MSI (Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Magetan),yg diikuti sekitar 1700 orang.

Magetan, Hadir dalam kegiatan  tersebut antara lain Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI (Bupati Magetan),Dra.Hj.Nanik Endang Rusminiarti,MPd (Wakil Bupati Magetan),Ibu Karmini, S, Sos (Ketua DPRD Kab Magetan), Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE (Komandan Kodim 0804/Magetan),Kapolres Magetan diwakili oleh Kompol Djumadi,SH (Waka Polres Magetan),Bpk. Atang Pujianto.SH.MH (Ka Kejaksaan Negeri Kab Magetan),Jajaran Asisten I,II,III dan Staf Ahli Kab Magetan, Camat Se Kab. Magetan,Jajaran Danramil 0804/Magetan,Jajaran Kapolsek Magetan,Kades se Kab. Magetan yg BPDnya dilantik dan Anggota BPD terpilih masing2 Desa.


Dalam sambutan Drs Suprawoto, SH. MSI (Bupati Magetan),yg intinya sbb :

a. Bupati Magetan mengucapkan selamat kpd anggota BPD yg baru dilantik semoga dapat menjadi amanah dan dapat dipertanggungjawabkan atas jabatanya sbg anggota BPD dimasing2 Desa.

b. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan, menetapkan peraturan Desa, menjadi kontrol sosial dan kontrol politik bagi kepala Desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa yang diwakilinya.

c. BPD mempunyai 3 fungsi yaitu, bersama Kepala Desa menyusun Peraturan Desa (Perdes), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta mengawasi kinerja Pemerintahan Desa.

d. Bupati meminta kepada anggota yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan tugas dengan sungguh2 serta penuh tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang yang berlaku.

e. Dimana BPD juga bagian dari Pemerintahan Desa sekaligus merupakan lembaga Perwujudan Demokrasi di dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. 

f. Sebagai mitra pemerintahan,BPD harus mampu membangun hubungan yang harmonis serta bekerjasama dalam pemerintahan di Desa, berinisiatif membuat peraturan desa, dituntut mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran aktif dalam proses pembangunan di Desa.

g. Bupati Magetan berharap, BPD menggalakkan pemberdahayaan seluruh komponen yang ada di desa sehingga mendorong terwujudnya kemandirian desa baik aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka pencapaian visi Kab Magetan yang maju mandiri sejahtera dan berkeadilan.

h. BPD harus menyikapi konsisi keuangan daerah, menggunakan dengan menghidari pengeluaran yang tidak sesuai dengan peruntukannya sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari.

Tidak ada komentar: