Sabtu, 30 Maret 2019

Forkopimca Kecamatan Karangrejo Bersinergi Saksikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) APBDes TA. 2018 Ds. Baluk



Magetan - Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Anggaran Pendapan dan Belanja Desa/APBDes  Tahun 2018 yang di gelar di Aula Kantor Desa Baluk kecamatan Karangrejo Kab Magetan.

Dalam acara tersebut di hadiri Camat Karangejo,yang di wakili Sekcam Karangrejo Bpk Jaka Prastawa, S. Sos, Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W, Kapolsek Karangrejo, AKP. Ruwajianto, SH , Kepala Desa Baluk, Babinsa,  Bhabinkamtimas, Ketua BPD yang baru beserta anggota dan anggota BPD lama, Ketua LPM,Tokoh masyarakat,Tokoh agama Ketua RW, ketua RT, serta undangan masyarakat berjumlah 75 orang.

Di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, di lanjutkan sambutan sambutan, Kepala Desa Baluk Bpk. Jerman Abdul Azis Basri dalam laporanya dan pemaparannya serta menjelaskan mengenai Pendapatan Desa secara total keseluruhan, yang bersumber dari :  Pendapatan asli desa,  hasil pengelolaan tanah aset desa, hasil Bumdes,pendapatan tranfer dan lain lain pendapatan asli desa yang sah.

Dalam pemaparannya juga menyampaikan sejumlah data penting berbagai kegiatan dan realisasi dari alokasi anggaran yang menunjukkan keberhasilan Pemdes di tahun anggaran 2018 yang sudah di kerjakan dalam pencapaian kerja di tahun kemarin baik pembangunan fisik maupun non fisik jelasnya.

Penyampaian LKPJ merupakan kewajiban yang harus di penuhi oleh Kepala Desa setelah berakhirnya tahun anggaran, dan bertanggung jawab kepada BPD, di serta pelaporan administrasi mulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten dalam hal ini yang di bidangi oleh Permas.

Sementara itu Kapten Inf Arif W selaku Danramil 0804/07 dalam sambutannya mengatakan bahwa Laporan pertanggung jawaban Kades merupakan kegiatan wajib yang harus di lakukan setiap akhir pelaksanaan kegiatan pengelolaan Dana Desa/Alokasi Dana Desa. Di sini BPD harus mengetahui serta selalu mengawasi / bersama - sama dengan lembaga desa yang lain sebagai wakil dari rakyat harus bisa mengawal perkembangan penggunaan Dana Desa terkait tranparansi kepada masyarakat desa tersebut, baik individu maupun lembaga boleh mengetahui penggunaaan DD/ADD. BPD sebagai fungsi kontrol harus bisa mengawasi dan mendampingi, memberi masukan Kades dalam pelaksanaan pembangunan, urainya.

Juga menambahan bahwa kehadiran kami selaku Forkompimca Karangrejo sebagai saksi termasuk legalnya LKPJ bahwa Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) Anggaran Pendapatan Belanja Desa di Desa Baluk yang sudah di laporkan penggunaanya oleh Kepala Desa yang di saksikan BPD serta undangan yang hadir sudah sesuai dan di setujui, serta bisa di terima, jangan sampai nanti di kemudian hari ada supervisi baik dari Inspektorat maupun BPK ada temuan temuan di lapangan yang tidak sesuai apa yang telah di laporkan oleh Kades.

Itu semua juga bisa berdampak kepada kelangsungan dan kesinambungan program pembangunan di desa, yang mana sekarang pemerintah bekerja sama dengan instansi terkait terus berusaha untuk memperhatikan kemajuan pembangunan di desa dalam bentuk segala bidang demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pungkasnya.

Masih di tempat yang sama ketua BPD lama Bpk. H Mubin,mengucapkan banyak terima kasih kepada Forkopimca Karangrejo yang selalu aktif ikut berpartisipasi membantu dan mendukung serta bisa memberikan arahan, motifasi, kontribusi degan tiga pilar yang mantab sampai degan tiga pilar di desa sehingga situasi desa bisa terperlihara kamtibmasnya / keamanan desa melalui peran Babinsa dan Babinkamtibmas bersinergi baik dengan kepala desa, dan musyawarah  ini mendapatkan hasil yang memuaskan dan mengenai LKPJ yang di sampaikan oleh Kepala Desa Baluk sudah sesuai tidak ada masalah dan sangat transparan terhadap kegiatan di TA. 2018, saya juga berharap ke depannya program -  program yang di laksanakan dapat terealisasi lebih baik lagi.

Di akhir acara di laksanakan serah terima dan tanggung jawab dari BPD Lama kepada BPD baru yang di saksikan oleh seluruh undangan yang hadir. ( By R/07).

Tidak ada komentar: