Kamis, 28 Maret 2019

Informasi Yang Akurat Pihak Keluarga Sangat Membantu Bagi Penyembuhan Penderita Penyakit Jiwa



Magetan - Danramil 0804/12 Lembeyan dan Babinsa menghadiri penyuluhan penyakit jiwa dan peresmian pos kesehatan jiwa Sido Waras di Aula Desa Pupus. Kamis 28/03/2019.

Kepala UPTD lembeyan menyampaikan dengan diresmikan pos kesehatan jiwa sido waras ini pasien bisa dipantau perkembangan kesehatannya. Sehingga penderita sakit jiwa bisa normal kembali dan angka penderita bisa berkurang.

Dari Ibu Kasi PTM bidang kesehatan  Kab. Magetan Mengharap sinergi antara pihak terkait sehingga program ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. “Gangguan jiwa sangat beragam jenisnya, mulai dari yang ringan hingga akut seperti skizofrenia. Informasi yang akurat dari pihak keluarga akan sangat membantu para tenaga ahli untuk melakukan diagnosis dan menentukan perawatan yang tepat bagi pederita,” katanya.

Keluarga tidak perlu malu untuk memeriksakan anggotanya yang menunjukkan gejala-gejala gangguan jiwa. Justru, penanganan sedini mungkin berangsur-angsur akan mengembalikan kualitas hidupnys,sehingga mereka bisa kembali menjadi produktif lagi.

“Keterbukaan dan pemahaman masyarakat terhadap anggota keluarga yang mengalami gejala gangguan jiwa adalah sinyal bagus bagi kami, selaku komunitas yang berhadapan langsung dengan stigma negatif terkait penderita penyakit jiwa dalam kegiatan kami sehari-hari,” jelasnya.

Mudah-mudahan, setelah ini masyarakat tidak lagi mengucilkan dan mendiskreditkan permasalahan kesehatan jiwa dalam anggota keluarga. Sebaliknya, masyarakat harus menjadi sistem pendukung yang kuat untuk memartabatkan penderita gangguan kejiwaan. Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian pos Kesehatan jiwa Sido Waras oleh Bpk Camat Lembeyan disertai dengan pemukulan gong dan senam bersama.(R.12)

Tidak ada komentar: