Selasa, 19 Maret 2019

Sukseskan Swasembada Pangan Babinsa Koramil 0804/07 Karangrejo Dampingi Petani Panen Padi.

Magetan -   Petani Kecamatan Karas Kabupaten Magetan, Jawa Timur bergembira, pasalnya lahan pertanian  yang ditanami jenis padi varietas Ciherang sudah bisa dipanen dan menghasilkan gabah sebanyak 7,3 ton dalam satu hektar.

Hasil panen yang cukup menggembirakan ini dipantau langsung oleh Babinsa desa Jungke Koramil 0804/07 Karangrejo dan Karas Serda Tri Susilo, dimana pak Babinsa terjun ke lapangan melakukan pendampingan ketahanan pangan bersama PPL desa Jungke, Ibu Nurmayanti S P.


Saat di lokasi kegiatan Serda Tri Susilo menuturkan, di lahan sawah milik Akhmad Rifa’i, anggota Poktan Tani makmur II Desa Jungke tersebut ditanamai padi varietas Ciherang.  “ Saat dipanen, di areal persawahan seluas 1,12 hektar menghasilkan gabah seberat 8,2 ton, berarti dalam satu hektar hasil panen mencapai 7,3 ton ”, tuturnya. Ternyata tidak hanya sampai di sini, untuk tahap selanjutnya Babinsa desa Jungke juga melakukan koordinasi dan Komsos ke penggilingan padi Sumber Urip milik Bpk. Suroso guna mengetahui harga Gabah kering yang telah ada disana. Dari kenyataan di lapangan di peroleh harga padi basah dari sawah Rp 3900/ kg dan utk gabah kering se harga Rp 4800 / Kg.

Hasil ini lanjut Serda Tri  tergolong bagus, dan ini semua berkat kerja keras petani yang tergabung dalam Poktan Tani makmur II Pimpinan  Bpk. Sukadi, yang selama ini selalu mendapat arahan dari PPL setempat.  

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah.

“Para Babinsa akan terus proaktif melaksanakan pendampingan terhadap para petani yang ada di wilayah desa binaan masing-masing mulai dari tahap penyiapan benih, penyiapan dan pengolahan lahan, masa tanam, perawatan hingga saat musim panen tiba” pungkas Danramil Karangrejo. ( By R 07 )

Tidak ada komentar: