Selasa, 23 April 2019

Babinsa Dan Petugas PPL Maksimalkan Pendampingan Demi Suksesnya Petani


Magetan – Perawatan tanaman padi merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh para petani selama berlangsungnya proses produksi. Perawatan tanaman padi ini harus dilakukan secara maksimal demi pencapaian hasil panen yang optimal.    

Untuk mengoptimalkan capaian panen ini, Babinsa Koramil 0804/04 Parang, Sertu Sunaryo melaksanakan pendampingan sekaligus membantu petani melakukan kegiatan penyiangan tanaman padi, di lahan persawahan seluas 0,5 hektar yang ditanami padi varietas Invari 33 milik Bpk Eko, salah satu anggota Poktan Tani Makmur, Desa Joketro, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa (23/04/19).

Seperti yang kita ketahui bersama, perawatan tanaman padi sangat diperlukan terutama apabila sudah tumbuh rumput di sekitar tanaman tersebut jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

Menurut Sertu Sunaryo, salah satu tujuan penyiangan, untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara antara tanaman utama dan gulma, mengurangi hambatan produksi anakan selain itu agar sinar matahari dapat ditangkap oleh tanaman padi di bagian bawah. “Apabila tanaman utama terbebas dari gulma maka pencahayaan sinar matahari dapat secara maksimal diserap tanaman” tandas Sertu Sunaryo.  

Adapaun Yuni petugas dari PPL Kec Parang mengatakan, memang ada sebagian pendapat yang mengatakan, rumput atau gulma yang dicabut saat penyiangan berlangsung dapat dipendam atau dimasukan ke dalam tanah di sela-sela rumpun padi, dengan harapan dapat menjadi pupuk organik yang akan menyuburkan tanaman padi itu sendiri, tetapi kita harus tahu mana lahan sawah yang airnya cukup dan airnya agak berkurang kalau yang airnya cukup memang bagus tapi kalau yang airnya kurang artinya tanah sawah itu cepat kering sebaiknya rumput yang habis penyiangan seharusnya dibuang supaya tidak tumbuh lagi.( R 04)

Tidak ada komentar: