Selasa, 16 April 2019

Babinsa Nguntoronadi Dampingi Kegiatan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular


Magetan - Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular  yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu di Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Selasa( 16/04/19).

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Salah satu Posbindu yang juga aktif melakukan kegiatan monitoring terhadap kesehatan warganya adalah Posbindu Desa Nguntoronadi Kecamatan Nguntoronadi Kab. Magetan yang di laksanakan di Aula Poskesdes Ds Nguntoronadi.

Pada kegiatan tersebut sasaran POSBINDU kali ini adalah usia produktif warga desa Nguntoronadi dan tidak dipungkiri para Pasangan muda yang baru menikah juga ramai datang untuk Periksa dan Sekedar berkonsultasi.Selain itu didalamnya ada pembahasaan mengenai program-program yang bermanfaat untuk kesejahteraan warga.

Ibu Lilik sebagai Bidan desa Ds Nguntoronadi di dampingi Babinsanya Pelda Suwarno mengatakan " Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena penyakit PTM. Bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM.” Ujarnya.

Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Sementara itu kata Juwariyah (36 th) warga sekitar yang sedang berobat, mengatakan adanya Posbindu sangat membantu, khususnya bagi warga yang kurang kesadaranya dalam hal kesehatan dan bertempat tinggal jauh dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). “Posbindu sangat membantu kami untuk berobat maupun menjaga kesehatan,” katanya sambil tersenyum.

Ia berharap keberadaan Posbindu bisa menanggulangi beberapa penyakit yang ada di masyarakat. Menurutnya, seringkali warga tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu. “Untuk itu, dengan adanya Posbindu warga dapat megetahui dan menanggulangi agar tidak menjadi parah,” tandasnya lagi.

Selaku Bidan Desa, ibu Lilik juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Babinsa yang sudah membantu kelancaran kegiatan Posbindu dan diharapkan kerjasama terus ditingkatkan khususnya dalam bidang kesehatan guna kesejahteraan masyarakat Ds Nguntoronadi, “paparnya”. (R.11).

Tidak ada komentar: