Jumat, 12 April 2019

Babinsa Sidomulyo Bersama Ppl Menghadiri Pertemuan Rutin Gapoktan Mulyo Abadi


Magetan-Dalam upaya mendukung program pemerintah dalam upaya ketahanan pangan, selaku aparat kewilayahan Babinsa turun langsung dan berperan aktif dalam upaya mensukseskan program tersebut. Salah satu kegiatan yang berkaitan yaitu hadir pada pertemuan yg di adakan oleh Gapoktan.

GAPOKTAN adalah gabungan dari beberapa kelompok tani yang melakukan kerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha.

Tujuan dibentuknya gapoktan adalah memperkuat kelembagaan petani yang Ada, sehingga pembinaan pemerintah kepada petani akan terfokus dengan sasaran yang jelas.

Menurut ketua gapoktan Bpk Sarengat, desa Sidomulyo mempunyai 7 kelompok Tani, yaitu dusun gondang poktan ngudi makmur dg ketua bpk Agus, multi makmur dg ketua bpk Suyat, dusun gangging poktan Sri mulyo dg Ketua bpk Suraji, dusun Ngijo poktan sekar gading dg ketua bpk Sukamto, Tani makmur dg ketua bpk Parni, poktan dusun Ngrobyong dg ketua bpk Sugito,poktan dusun klatak dg Ketua bpk Agung.

Dalam pernyataannya Bpk Hartoyo selaku PPL mengatakan fungsi gapoktan adalah Memudahkan para PPL dlm melakukan pembinaan untuk memfasilitasi para petani dlm mengembangkan usahanya.
Memudahkan para pengambil kebijakan untuk melaksanakan program - program yang akan di kembangkan. Memudahkan penyuluh pertanian melakukan pemberdayaan terhadap petani.

Dalam kesempatan itu Sertu Sadino selaku Babinsa desa Sidomulyo menyampaikan beberapa harapannya dg adanya gapoktan, yaitu dg adanya gapoktan di harapkan kemampuan petani meningkat dalam mengembangkan Agrobisnis, kelompok tani menjadi organisasi yang kuat dan mandiri, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan para petani.  (udin)

Hal ini akan tercapai bila dengan sungguh sungguh diterapkannya Komponen Tehnologi Dasar yang meliputi : 1. varietas unggu, Benih bermutu dan berlabe, Pembuatan saluran drainas, populasi tanaman serta pengendalian OPT (organisme pengganggu tanaman)  sesuai prinsip PHT ( pengendalian hama terpadu) 

Demikian Kata Babinsa Sidomulyo dalam mengakhiri harapanya kepada seluruh anggota kelompok Tani yang hadir. (udin)

Tidak ada komentar: