Minggu, 21 April 2019

Hikmah Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Bersama KH. Mashudi a


Magetan - Dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang jatuh tanggal (3 April 2019 M atau 27 Rajab 1440 H), Masyarakat Desa Mantren  menggelar pengajian umum bersama ratusan umat Islam yang berada di Desa Mantren, Kec. Karangrejo, Kab. Magetan. Sabtu Malam(20/4/2019).

Peringatan  Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW  yang dilaksanakan di depan TK Tunas Sosiawan desa Mantren ini  diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dilanjutkan dengan ceramah agama oleh KH.Mashudi dari Kediri  dan ditutup dengan doa. 

KH.Mashudi dalam uraian ceramahnya menyampaikan bahwa peristiwa Isra Mi’raj terjadi  menjelang hijrahnya Rasulullah, setelah wafatnya Siti Khadijah Dan Abu Thalib. Dalam ilmu logika perjalanan Isra Mi’raj  adalah termasuk supra rasional karena pembuatnya adalah Yang Tanpa Batas (Allah SWT), dan satu-satunya hasil Isra Mi’raj adalah Asshalah (perintah shalat). Shalat adalah amal ibadah yang pertama kali akan ditanyakan setelah seseorang menghadap Sang Pencipta. Bila shalatnya diterima, maka seluruh ibadahnya akan diterima.

Lebih lanjut KH.Mashudi menguraikan hikmah dari  Isra' mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW. adalah bahwa masjid selain sebagai pusat ibadah umat Islam, juga merupakan tempat pemersatu umat islam, untuk itu ustad  mengajak para jamaah untuk memakmurkan masjid.  KH.Mashudi juga menyampaikan keutamaan orang yang shalat berjamaah dan hadir di majelis ilmu. Allah SWT akan menurunkan ketentraman dan rahmat bagi siapa saja yang mendatangi majelis-majelis ilmu dan juga Allah SWT membanggakan kelompok-kelompok tersebut di hadapan para malaikat.  “terangnya”

Babinsa Mantren Serma Sunarto yang turut hadir dalam kegiatan tersebut  menyampaikan acara ini, disamping memupuk tali silaturahmi antara antar warga juga sebagai ungkapan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Disamping itu juga untuk menambah ilmu sebagaimana tauziah dari KH. Mashudi dan persiapan kaum muslimin dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan datang. (R.07)

Tidak ada komentar: