Jumat, 05 April 2019

Peran Serta Babinsa Dalam Mewujudkan Generasi Sehat Dan Berkualitas


Magetan - Serda Abdul Syukur merupakan anggota Koramil 0804-13/ Bendo yang bertugas sehari-hari sebagai Babinsa Desa Kledokan. Serda Abdul Syukur merupakan Babinsa yang selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan diwilayahnya apalagi bertempat tinggal di Desa tersebut, sehingga selalu monitor dan hadir di setiap acara atau kegiatan kemasyarakatan diwilayah Desa binaannya. Salah satunya hari ini ikut serta dalam pendampingan petugas posyandu dalam pelayanan ibu hamil dan balita yang bertempat di Balai Desa Kledokan Kecamatan Bendo. (Jumat, 05/04/19)

Serda Abdul Syukur menjelaskan kenapa Babinsa ikut serta dalam pendampingan posyandu? Karena dengan kemajuan jaman maka persaingan antar bangsa di dunia akan semakin kompetitif di masa depan, oleh karena itu Indonesia membutuhkan generasi muda yang berkualitas agar bisa bersaing dan menjadi bangsa yang unggul. Hal itu bisa terwujud bila anak-anak sejak dalam kandungan, saat lahir, dan dalam masa pertumbuhannya terpenuhi dengan baik kebutuhan gizinya, sehingga mereka bisa tumbuh dengan sehat serta menjadi anak yang kuat dan cerdas. Oleh sebab itu kenapa Babinsa Desa ikut serta dalam pendampingan pelayanan posyandu bagi ibu hamil dan balita.

Babinsa bersama Bidan Desa selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya ibu-ibu yang mempuyai anak balita agar pemenuhan gizi saat kehamilan dan masa pertumbuhan merupakan periode penting dalam menentukan kualitas hidup seorang anak nantinya. Untuk mengetahui perkembangan anak balita perlu adanya penimbangan berkala yang sudah dijadwalkan oleh posyandu, sehingga petugas posyandu bisa mengetahui perkembangannya. Apabila di perlukan untuk diberikan tambahan gizi.

Hermin dhina supyandari Amd. Keb. Selaku Bidan Desa mengatakan dalam pelayanan yang perlu diperhatikan adalah kepada anak pada saat penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak, perhatian harus diberikan khusus terhadap anak yang selama tiga kali tidak melakukan penimbangan, pertumbuhannya tidak cukup baik sesuai umurnya dan anak yang pertumbuhannya berada di bawah garis merah KMS. sehingga perlu pemberian makanan pendamping ASI dan Vitamin A serta perlu tambahan gizi.

"Peran serta Babinsa sangat diperlukan agar memberikan dorongan dan motivasi kepada ibu hamil dan balita untuk aktif ikut serta dalam pelayanan posyandu, sehingga memudahkan petugas posyandu untuk mengantisipasi kejadian yang buruk terhadap perkembangan balita termasuk gizi buruk. Apabila diketemukan agar segera teratasi dengan baik sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Harapan kita bersama agar anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan sehat, cerdas dan kuat sehingga menjadi generasi muda yang berkualitas". Tutur Serda Abdul Syukur. (R13)

Tidak ada komentar: