Kamis, 04 April 2019

Simulasi Gladi Lapang dan Sispamkota, Warga Bertindak Anarkis


Magetan - Mendekati pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019, suhu politik semakin memanas. Hal tersebut juga berimbas pada situasi keamanan, sehingga situasi sekarang ini perlu perhatian lebih. Menyikapi situasi tersebut Prajurit Kodim 0804/Magetan mengikuti Gladi Lapang dan Peragaan Sistem Pengaman Kota dalam rangka Pengaman Pileg dan Pilpres dalam pemilu 2019 yang dilaksanakan Polres Magetan di depan GOR Yosonegoro Magetan. Kamis(04/4/2019)

Para personil TNI-Polri dan Linmas pada kegiatan itu melakukan simulasi Pengamanan logistik Pileg dan Pilpres, Pengamanan pelaksanaan pemungutan suara, pengamanan aksi protes dari warga yang tidak dapat memilih di TPS sedangkan warga memiliki KTP namun tidak terdaftar di TPS, sampai pengamanan aksi protes warga yang anarkis ke KPU Magetan. Dalam simulasi ini digambarkan ada sekelompok masyarakat tidak puas karena caleg dukungannya kalah dalam Pemilu.

Dandim Pamekasan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE  mengatakan bahwa latihan Gladi Lapang dan Sispam Kota ini untuk menyiapkan sistem pengamanan kota dalam rangka menghadapi Pileg dan Pilpres 2019. Tanggung jawab keamanan di Kab. Magetan merupakan tanggung jawab semua elemen baik TNI/Polri, Pemeritah Daerah dan masyarakat Magetan. Saya berharap menjelang pelaksanaan hingga proses pemungutan suara dan penghitungan suara sampai tahap pengumuman hasil bisa berjalan dengan aman dan sukses. “ungkapnya”

Sementara itu Kapolres Magetan AKBP Muhammad Rifai mengatakan bahwa saat selesai pemungutan suara dan proses penghitungan suara ini tahap yang sangat  rawan. Karena berpotensi adanya ketidakpuasan dari caleg, pendukung, saksi, dan sebagainya. Potensi itu, menurutnya, perlu diwaspadai sejak dini. Dengan terus melakukan penataan dan pengawasan ketat di semua tahapan. Sehingga nantinya ketika pelaksanaan tugas dilapangan para anggota yang bertugas tidak menyalahi prosedur karena sebelumnya sudah dilatihkan," ucapnya.

Simulasi dilakukan untuk mengecek kesiapan Polres Magetan. Bagaimana kekuatan dan kemampuan kita dalam menghadapai situasi yang berpotensi terjadi,"imbuhnya”







Tidak ada komentar: