Selasa, 23 April 2019

Upaya Babinsa Bersama Petugas PPL Capai Swasembada Pagan


Magetan - Bati Wanwil Koramil 10/Kawedanan Pelda Karmidi serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0804/10 Kawedanan bersama PPL bantu petani melakukan pengecekan tanaman padi yang kemungkinan terserang hama di areal persawahan yang berada di Desa Selorejo Rt 15/03 Kecamatan Kawedanan milik Sarminto. Selasa(23/4/2019).

Dalam kesempatan ini Pelda Karmidi mengatakan bahwa, pengecekan terhadap tanaman padi merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pengecekan hama ini dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari. 

"Dengan memutus perputaran hidup gulma, maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus, serta dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi," ujarnya.

Menurutnya, pengecekan langsung ke lapangan dilakukan untuk mengetahui dampak serangan hama tersebut dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktiftas padi yang menurun.

Serda Putu sebagai anggota Babinsa melakukan berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi khususnya dalam pemberantasan hama tanaman," paparnya.

Selain pengecekan terhadap hama padi milik petani setempat, ia menyebut pendampingan kepada petani sudah dilakukan sejak proses penanaman termasuk pendampingan kepada sejumlah kelompok tani.

"Turunnya anggota Babinsa ke sawah dan langsung menemui para petani tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini sesuai dengan kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian anggota Babinsa sebagai ujung tombak TNI di masyarakat," tandasnya.(R10).

Tidak ada komentar: