Minggu, 05 Mei 2019

Larung Tumpeng Gono Bahu Dalam Gebyar Labuhan Sarangan Tahun 2019


Magetan - Gebyar Labuhan Sarangan  diramaikan ribuan warga yang ingin menyaksikan larung Tumpeng Gono Bahu, pada minggu (05/05/2019), Kegiatan larung tumpeng dan hasil bumi ini sudah menjadi agenda tetap tahunan Pemkab. Magetan yang selalu dipadati warga Masyarakat Magetan  Mereka berkumpul untuk sama-sama melaksanakan tradisi dan melestarikan kearifan  budaya lokal, tetapi juga sebagai gambaran apa yang terjadi di telaga Sarangan sebagai destinasi Wisata andalan  Kabupaten Magetan, yang banyak menyedot Wisatawan dari dalam maupun Luar Magetan.

Acara ini dihadiri Forkopimda Magetan, Bupati Dr. Drs H Suprawoto SH M.Si Dandim Magetan Letkol CZI Chotman Jumei Arisandy SE, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Rifa'i, ketua DPRD Magetan, Para Asisten dan Staf Ahli Pemkab Magetan, Forkopimca Plaosan, Plt Camat Plaosan Edy Suntoro S.Sos M.Si, Danramil 0804/02 Kapten Inf Waluyo Utomo, Kapolsek Plaosan AKP Sukono SH dan segenap Warga masyarakat dalam dan luar Magetan yang sangat antusias menyaksikan  larung Tumpeng Gono Bahu ke telaga sarangan.

Dalam tradisi, larung tumpeng Gono Bahu ini diharapkan semua ini sebagai tanda syukur kepada yang maha kuasa atas limpahan Nikmat dan karuniannya sehingga warga Magetan ada dalam keadaan Damai, tentram dan makmur, tumpeng raksasa berisi hasil bumi seperti sayuran  hingga berbagai buah-buahan  yang disiapkan untuk selanjutnya dilarung ketelaga Sarangan.

Tampak hadir dalam larung tumpeng tersebut juga Anggota Koramil 0804/02 Plaosan dan Polsek Plaosan bersinergi dengan Komponen Masyarakat lainnya yang ikut mengamankan jalannya Prosesi Larung Tumpeng Gono Bahu ke Ketelaga Sarangan bisa berjalan dengan tertib dan lancar.

Tidak ada komentar: