Selasa, 16 Juli 2019

Babinsa Koramil 0804/12 Lembeyan Memberikan Wasbang Dan Pbb Di Smk Roudlotul Huda Magetan


Magetan_ Pada tahun ajaran baru 2019 / 2020 di SMK RODA Kedung panji mengadakan masa orientasi sekolah selama 4 hari dengan berbagai kegiatan, diantaranya adalah para siswa baru sejumlah 130 orang siswa atau murid baru menerima materi wawasan kebangsaan yang di sampaikan langsung oleh Babinsa 0804/12 Pelda Supriyadi dan 2 Orang babinsa,Selasa (16/07/2019).


Dengan penuh semangat dan antusias berada diLapangan SMK RODA diDesa Kedung panji Kec.Lembeyan para siswa baru berkumpul mengikuti kegiatan rangkaian Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan menerima bimbingan Wasbang. Dengan materi yang disampaikan berupa Pemahaman terhadap Idiologi Pancasila, menjaga keutuhan  NKRI,Bhineka Tunggal Ika,UUD 1945 serta pemahaman terhadap bela negara.

Menurut Pelda Supriyadi Wawasan Kebangsaan  harus dipahami sejak dini, karena untuk  menanamkan nilai  - nilai luhur yang terkandung dalam Ideologi Pancasila serta nilai - nilai dasar wawasan kebangsaan yang terwujud dalam persatuan dan Kesatuan Bangsa memiliki empat  dimensi yang bersifat  mendasar dan fundamental yaitu: 1. Penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.  2. Tekad bersama utk kehidupan kebangsaan yg bebas, merdeka, dan bersatu. 3. Cinta tanah air dan bangsa. 4. Demokrasi atau kedaulatan rakyat. 5. Pelatihan Dasar PBB.

Diakhir penjelasan Wawasan Kebangsaan,  menjelaskan pula tentang bagaimana perjuangan para perintis kemerdekaan / para pejuang yang telah terus berusaha memepertahankan keutuhan NKRI dengan pamprih rela mengorbankan harta, jiwa dan raganya, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan tidak saling membeda -  bedakan suku, agama,adat istiadat dan golongan supaya Nusantara bisa bersatu tidak terjadi permusuhan,
Karena persatuan dan kesatuan bangsa serta kerukunan apabila tidak dipelihara dan di tingkatkan bangsa kita akan mudah di adu domba dan bahkan dengan tidak terasa bisa dikuasai oleh bangsa asing atau di jajah kembali.

Selama pelaksanaan kegiatan wawasan kebangsaan, seluruh siswa siswi yang mengikuti dapat menerima dan menyerap materi yang disampaikan dengan baik dan saling interaktif, sehingga diharapkan penerus bangsa Indonesia mempunyai jiwa semangat yang kokoh untuk menjaga keutuhan NKRI,setelah materi Wasbang dilanjutkan Latihan PBB. (R-12)

Tidak ada komentar: