Jumat, 19 Juli 2019

Dandim 0804 Hadiri Puncak Peringatan Hari Koprasi Ke-72 Di Kab. Magetan


Magetan - Rangkian puncak peringatan Hari Koperasi ke- 72 di Kab. Magetan dengan pelaksanaan upacara dipimpim  langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH, Msi.  di Lapangan Kel. Makujayan, dengan mengambil  tema  “ Nasional Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” bersama koperasi Magetan terdepan. Jum’at(19/7/2019)

Memperingati hari koperasi salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kembali peran koperasi bagi kesejahteraan masyarakat. Sebab sudah kita akui hadirnya koperasi turut berperan dalam perekonomian bangsa, menciptakan lapangan pekerjaan, membantu modal usaha dan sebagainya. Dengan  adanya modernisasi manajemen koperasi lebih berperan lagi menciptakan kesejateraan dan mengurangi kesenjangan di tengah masyarakat.

Bupati Magetan Dalam amanatnya mengatakan bahwa Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) memiliki sejarah yang panjang. Peringatan Hari Koperasi Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 12 Juli tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari keputusan kongres tanggal 12 Juli dan Dr. Drs. H. Mohammad Hatta selaku Bapak Perintis Koperasi Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum bukan hanya sebagai alat perjuangan membebaskan rakyat dari penderitaan, namun menjadi alat bantu pembangunan dan perkembangan perekonomian Indonesia saat ini yang semakin pesat. Dengan didasari pada asas kekeluargaan, koperasi telah memperbaiki taraf hidup bangsa Indonesia begitu juga tahun 2019 mengangkat tema lewat kata-kata penuh makna.

Memaknai tujuan peringatan Hari Koperasi Nasional ke 72 tahun 2019 adalah: Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya peran koperasi di lingkungan sekolah, perusahaan, pemerintah, bisnis untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 berkelanjutan, Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor perkoperasian, UKM maupun non koperasi ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam pembangunan strategis koperasi bagi pemutus mata rantai kesenjangan di kalangan masyarakat. Mengingatkan kembali kembali kepada seluruh insan perkoperasian akan filosofi dari kata kata bijak Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta dalam meletakkan dasar dan arah koperasi Nasional.

Dari makna dari tujuan-tujuan peringatan Hari Koperasi dan UKM tahun 2019 ini tersirat dengan jelas pesan bagaimana upaya pemerintah mengkampanyekan tujuan dari pembangunan prinsip-prinsip koperasi di Indonesia juga mengajak semua elemen masyarakat untuk mulai lebih siap menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 melalui roformasi total koperasi. “tuturnya”




Tidak ada komentar: