Rabu, 17 Juli 2019

Danramil 08 Barat Memberikan Wasbang Bela Negara Pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (Mpls) Smkn Kartoharjo


Kartoharjo-Danramil 08 Barat Kapten Inf Suparlan memberikan materi Wasbang kepada para siswa  dan siswi SMKN Kartoharjo yang diikuti 150 siswa dan siswi. Rabu(17/07/2019)
Dalam kesempatan tersebut Danramil 08 Barat menyampaikan Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.
Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.
Di Indonesia proses pembelaan negara sudah diatur secara formal ke dalam Undang-undang. Diantaranya sudah tersebutkan ke dalam Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945, khususnya pasal 30. Didalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa membela bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.
Dengan melaksanakan kewajiban bela bangsa tersebut, merupakan bukti dan proses bagi seluruh warga negara untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa dan bangsa, serta kesadaran untuk mengorbankan diri guna membela negara.
Adapun Tujuan bela negara adalah - Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara- Melestarikan budaya- Menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945- Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.- Menjaga identitas dan integritas bangsa/negaraFungsi bela Negara : - Mempertahankan Negara dari berbagai ancaman- Menjaga keutuhan wilayah negara- Merupakan kewajiban setiap warga Negara
- Merupakan panggilan sejarahManfaat Bela Negara : - Membentuk sikap disiplin waktu - Membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan.- Membentuk mental dan fisik yang tangguh.- Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme - Melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok. - Membentuk Iman dan Taqwa - Berbakti pada orang tua, bangsa, agama.- Melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu- Menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, tidak disiplin.- Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama.
Dalam pelaksanaannya para siswa dan siswi sangat antusias dalam mendengarkan apa yang disampaikan Danramil 08 Barat (LST)

Tidak ada komentar: