Jumat, 19 Juli 2019

Gembleng Anggota Pramuka Dan PMR (Palang Merah Remaja) Madrasah Aliyah Se Kab Magetan Koramil 0804/11 Takeran Berikan Materi Bela Negara


Magetan - Bertempat di Aula MAN I Takeran telah berlangsung pemberian materi Bela Negara dan Jati diri Bangsa kepada Anggota Pramuka dan PMR ( Palang Merah Remaja ) Madrasah Aliyah se kabupaten Magetan di MAN I Takeran yang berjumlah 150 orang, yang disampaikan oleh Pelda Suwarno yang mewakili Danramil 11/Takeran. Kamis (18/07/19).

Pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sesuai konstitusi UUD 1945 kususnya pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1 serta menurut UU No 3 Th 2003 setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, oleh karena itu biarpun masih berstatus anggota pramuka dan PMR  berkewajiban untuk bela negara, karena  akhir akhir ini telah terjadi degradasi moral yang terjadi pada kaum milineal. Akibat dari kesalahan dalam penggunaan tehnologi maupun dalam pergaulan.

Hal ini bisa dilihat dari sikap dan tindakan generasi muda yang cenderung acuh tak acuh, apatis, dan masa bodoh dengan teman dan lingkungannya.

Menurut Pelda Suwarno ada 5 manfaat dalam bela negara sebagai jati diri bangsa yaitu:
1. Belanegara bisa menanamkan nilai nilai kebangsaan yang berlandaskan sejarah perjuangan bangsa.
2. Belanegara dapat memupuk jiwa kebersamaan sesama anak bangsa.
3. Belanegara bisa menumbuhkan rasa sosial dan kepekaan sosial sehingga mencegah tindak kriminalitas dan pelanggaran hukum.
4. Belanegara dapat menimbulkan jiwa patriotik dalam membela negara dalam kondisi apapun.
5. Belanegara dapat menciptakan kedisiplinan, kewaspadaan, kepemimpinan serta kepedulian terhadap masa depan bangsa.

Di akhir penyampaiannya, pemateri menambahkan sebagai anggota Pramuka dan PMR harus menjadi contoh bagi siswa lainnya karena sudah mendapatkan pelajaran tentang kedisiplinan, kerjasama, kemandirian, dan diharuskan untuk melaksanakan bela negara. Karena belanegara bukan hanya tugas TNI saja tetapi kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. tetap rajin belajar, semangat yang tinggi,  berbakti pada orang tua, guru, serta tak lupa selalu berdoa, ujar Pelda Suwarno. (R.11)

Tidak ada komentar: