Selasa, 30 Juli 2019

Koramil 0804/02 Berikan Kontribusi Dalam Kelas Inspirasi Di Sekolah Dasar Di Wilayah Plaosan


Magetan, Gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih  cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional,  dapat belajar pada kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita.

Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekadar berjejaring dan berkomunikasi terus. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antarprofesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus.

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Partisipasi para profesional tersebut untuk menyempatkan waktunya sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa.

Seperti yang dilaksanakan di Wilayah Kecamatan Plaosan, Selasa (30/7) Kejaksaan Kab. Magetan, BPBD Kab. Magetan, Tim medis Urkes Polres Magetan, Koramil 0804/02, Polsek Plaosan yang pada saat itu sesuai profesinya masing-masing memberikan masukan dan wawasan kepada para siswa dan siswi Sekolah Dasar tentang tugas-tugas mereka emban, sehingga ada ketertarikan dan keingin tahuan mereka terhadap apa yg mereka terima dalam kelas Inspirasi tersebut.

Seperti yang di sampaikan oleh salah satu Babinsa Koramil 0804/02 Serda Sugito dalam kelas Inspirasi yang dilaksanakan di SDN 4 Plaosan menyampaikan tentang menanamkan jiwa disiplin di mulai dari usia dini, memberikan semangat kepada para siswa untuk dapat meraih cita-citanya dengan belajar yang tekun dan mengikuti semua tata tertib dan aturan yang berada di sekolah,"terang Serda Sugito di Kelas Inspirasi itu

Hal yang sama di sampaikan juga Babinsa-babinsa lainnya mengajar di depan siswa-siswi SD memberi inspirasi dengan cara, Memakai pakaian kebesaran (PDP, PDU I, II, IV dst) yg membuat anak-anak tertarik dengan seragam yg dipakai, Bercerita bagaimana enaknya jadi  Tentara naik pesawat/naik kapal laut menjelajahi pulau-pulau bahkan sd luar negeri, Tentara itu semua pakainya dibelikan oleh negara sehingga ada ketertarikan anak-anak terhadap profesi menjadi tentara.

Selain di Kelurahan Plaosan untuk kelas-kelas Inspirasi tersebut dilaksanakan di Desa Ngancar, Desa Puntukdoro, Desa Plumpung, Desa Randugede, Bulugunung Gunung, Desa Buluharjo, Desa Bogoarum dan Desa Sendangagung. Sedangkan Kelas Inspirasi ini dulu di Inisiatori oleh mantan menteri Pendidikan Bpk Anis Baswedan dan sebagai Ketua dari Kelas inspirasi dari Kabupaten Magetan di ketuai oleh Bpk. Pria Purwandana.

Tidak ada komentar: