Selasa, 16 Juli 2019

Nasionalisme Menjadi Topik Utama Pelaksanaan MPLS Di SMAN 2 Magetan


Magetan - Nasionalisme di kalangan pelajar menjadi perhatian utama pada pelaksanaan Masa PengenalanLingkungan  Sekolah (MPLS) di SMAN 2 Magetan, hal ini terjadi karena semakin memudarnya rasa nasionalisme di kalangan pelajar dewasa ini.

Pada pelaksanaan MPLS bagi siswa baru SMAN 2 Magetan kali  mengandeng Kodim 0804 untuk menumbuhkan perilaku positif kepada siswa baru. materi pembinaan bersumber pada penyiapan karakter siswa berdasarkan empat pilar kebangsaan. Yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan MPLS yang  berlangsung selama dua minggu pertama awal masuk sekolah ini dititik beratkan pada karakter utama mengenai nasionalisme, yang bertujuan untuk menangkal paham radikalisme di kalangan siswa.

Selain mendapatkan wawasan kebangsaan para siswa juga  menerima materi pelaksanaan PBB guna menumbuhkan rasa kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, disiplin untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas dan semangat gotong royong.

Pasiter Kodim 0804/Magetan Kapten Inf Misran menjelaskan mekanisme pembinaan adalah dengan melibatkan langsung para personel Kodim 0804/Magetan berbagi pengalaman selama bertempur agar memberikan inspirasi bagi siswa untuk menumbukan semangat  nasionalisme. “terangnya”. (Pen0804)



Tidak ada komentar: