Selasa, 16 Juli 2019

Pelda Suwarno Berikan Materi Bela Negara Dan Jati Diri Pada Kegiatan MPLS SMKN Takeran


Magetan - Bertempat di Aula SMKN Takeran telah berlangsung pemberian materi Bela Negara dan Jati diri kepada siswa siswi SMKN Takeran berjumlah 312 orang, yang disampaikan oleh pelda Suwarno yang mewakili Danramil 0804/11 Takeran. Selasa ( 16/07/19 ).

Pada kesempatan tersebut Pelda Suwarno menyampaikan bahwa menurut UU No 3 Th 2003 setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, oleh karena itu biarpun masih berstatus siswa siswi berkewajiban untuk bela negara, karena  akhir akhir ini telah terjadi penurunan tentang kesadaran Bela negara.

Hal ini bisa dilihat dari sikap dan tindakan generasi muda yang cenderung acuh tak acuh, apatis, dan masa bodoh dengan teman dan lingkungannya.

Menurut Pelda Suwarno ada unsur unsur yang harus dipenuhi dalam bela negara yaitu:
1. Cinta tanah air
   Mengenal dan memahami wilayah nusantara dengan baik, memelihara, melestarikan, dan mencintai lingkungan serta menjaga nama baik bangsa.
2. Sadar berbangsa dan bernegara
   Ikut serta dalam pencapaian cita cita dan tujuan hidup bangsa, kesadaran akan persatuan dan kesatuan, mencintai budaya dan mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi atau golongan.
3. Yakin Pancasila sebagai Idiologi Negara
   Tanpa Pancasila negara dengan sendirinya terancam, mengamalkan nilai nilai Pancasila, gunakan Pancasila untuk mengatasi gangguan dalam/luar negeri.
4. Rela berkorban untuk bangsa dan negara
   Rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan harta benda bahkan jiwa raga untuk kepentingan bangsa dan negara.
5. Memiliki kemampuan awal untuk bela negara
  Dengan disiplin,ulet, kerja keras, percaya diri, jujur dan bertanggung jawab serta mempunyai kesehatan dan ketrampilan dapat mendukung kemampuan awal bela negara.


Di akhir materi, Pelda Suwarno  menambahkan pentingnya untuk melaksanakan bela negara bagi seluruh warga negara Indonesia dan tetap rajin belajar, berbakti pada orang tua, guru, serta disiplin yang tinggi, pungkasnya. (R.11).

Tidak ada komentar: