Senin, 22 Juli 2019

Peranan Komunikasi Sosial Dalam Pelaksanaan Tugas Babinsa Di Wilayah


Magetan  - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0804/07  Karangrejo Serka Darsono  sebagai  Babinsa Desa Maron Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan  pada kesempatan waktu yang telah di rencanakan dalam rangka Pembinaan Teritorial melaksanakan Komunikasi Sosial dengan Appem ( aparat pemerintah ) di desa binannya,  pejabat pemerintah desa mulai dari Kepala desa, perangkat desa, serta unsur lembaga desa yang ada di desa tersebut wajib dan harus di kenal sampai dengan ketua RT dan RW sebagai mitra kerja atau mitra karib Babinsa di wilayah dalam rangka kerja sama yang baik untuk mendukung tugas pokok.

Kegiatan Komsos merupakan bagian tugas pokok sebagai aparat Komando Kewilayahan dan Komsos juga sebagai Metode Binter yang harus pro aktif dilaksanakan di wilayah karena walaupun komsos sederhana dan mudah dalam pelaksanaannya hal tersebut sangat luar biasa dampak baiknya, tutur Serka Sudarsono yang telah dengan baik bisa membuktikan manfaatnya, diantara manfaat yang didapat adalah banyak informasi dan banyak teman yang akhirnya seperti saudara dan bisa membantu kinerjanya di desa dalam menjaga serta menciptakan suasana yang kondusif di wilayah karena binaannya karena setiap ada permasalahan bisa temu cepat dan lapor cepat, imbuhnya.

Kegiatan Komsos yang dilakukan Babinsa selain kepada Aparat Pemerintah Desa juga harus melakukan komsos di wilayah binaannya kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, KBT / kekuarga dll lain - lain.

Kegiatan tersebut sebagai aparat Komando kewilayahan selain merupakan bagian tugas pokoknya juga merupakan sarana metode Binter, dalam rangka perwujutan kemanunggalan TNI degan rakyat, sehingga tercipta dan bisa  menciptakan interaksi serta kekompakan antara Babinsa dan warga binaannya, Itu harus menjadi pedoman bagi Babinsa dan harus bisa menjadi perekat kemajemukan / budaya yang ada di desa binaannya, pesan Danramil Kptn Inf Arif W kepada para Babinsa diasaat perhatiannya sebelum ke desa binaannya.

Serka Darsono dalam kegiatan Komsosnya mengatakan, kegiatan ini untuk mencerminkan rasa kemanunggalan TNI, khususnya Babinsa kepada masyarakat wilayah binaannya, tujuan Komsos ini juga untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan, dengan adanya interaksi komunikasi Babinsa dengan warga akan dapat mempererat hububungan TNI dan Rakyat.

Ia juga mengatakan, dengan kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa, semoga dapat diterima positif oleh masyarakat.

Dengan adanya Babinsa yang selalu memantau wilayah desa binaannya, Babinsa akan tahu permasalahan di desanya, sehingga jika ada permasalahan dengan cepat dapat diatasi dan diselesaikan.

Dengan terjalinnya kerjasama yang baik dengan Babinsa pada kesempatan untuk melanjutkan program pembangunan di desanya dengan tidak ragu dan menyambut dengan baik, Koramil 07 /Karangrejo sering kali  turut serta ikut membantu kegiatan di desa untuk melanjutkan pembangunan fisik di desa suatu misal karya bakti pelebaran jalan, pengaspalan jalan serta kegiatan sosial, dan lain lain, Peran TNI di wilayah betul betul di dambakan masyarakat terutama dalam memelopori budaya gotong royong membangun desa  tutur Bapak Sujarwo sebagai Kades Maron. ( Bay R. O7 ).

Tidak ada komentar: