Sabtu, 20 Juli 2019

Tanamkam Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara Sejak Dini


Magetan    Koramil 0804/ 07 Karangrejo setiap tahun ajaran baru bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang ada di wilayah terutama kepada Sekolah setingkat SLTP dan SLTA sederajat  bekerjasama dengan pihak sekolah dan di beri kesempatan untuk membekali khususnya kepada siswa yang baru di kemas dalam acara MPLS / MOS pasalnya sudah di agendakan dalam kurikulum sekolah, selain itu untuk satuan Komando Kewilayahan kegiatan tersebut termasuk bagian dari tugas pokok di bidang Bintahwil / Pembinaan Ketahanan Wilayah yang sesuai dari perintah Komando atas Kegiatan Bintahwil bisa di laksanakan kepada seluruh komponen yang ada di wilayah terutama kepada generasi penerus / generasi muda.

 Danramil 0804/ 07 Kapten Inf Arif W bersama dengan personel Koramil merencanakan dan mempersiapkan untuk  mengajar.

Untuk materi Wasbang dan Belanegara langsung di sampaikan sebagai pematerinya adalah Danramil, dan untuk materi tehnik di lapangan tim pengajarnya / pelatihnya lapangan di sampaikan anggota Koramil di bawah kendali dan pimpinan Bati Wanwil Serma Sunarto beserta para Babinsa.

Sebelumnya, Danramil telah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Karangrejo  untuk memberikan bantuan pengajaran kepada para siswa/siswi.

Para  Kepala Sekolah dengan senang hati mengijinkan dan menerima bantuan dari Koramil 0804/07 Karangrejo

“Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi Satuan Komando Kewilayahan kepada lapisan masyarakat yang berada di wilayah binaanya,” ujar   Danramil diantara pesan yg di sampaikan kepada anggota Koramil.

“Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju,” ujar  Pelda Yahman diantara kata pembuka dan perhatian kepada siswa yang mewakili Babinsa Pada saat awal  menyampaikan kata sambutan sebelum kegiatan di mulai termasuk di beri perhatian untuk memotivasi kepada siswa peserta MPLS.
Yang berlanjut kegiatan  materi pelajaran dilapangan yang diantaranya adalah PBB, Tata Cara Upacara Sekolah, Pembentukan awal untuk melatih disiplin, di latih kekompakan untuk menumbuhkan jiwa korsa dsb.

Danramil dalam penyampaian materi Wasbang dan Belanegara selalu berpesan dan mengingatkan kepada siswa yang harus di mengerti dan di pahami tentang Wasbang adalah : Rasa Kebangsaan, Semagat Kebangsaa, Sadar Kebangsaan

Yang mana penjabarannya serta penjelasannya sudah di jelaskan kepada para siswa / siswi di setiap inti pelajaran.

Hal itulah yang sejak dini harus ditanamkan kepada generasi muda, agar memiliki semangat Nasionalisme serta semangat dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia.

“Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” ujarnya.

Adanya program kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah -sekolah yang berada di wilayah Teritorial Koramil terutama untuk pelatihan disiplin dan wawasan kebangsaan kepada para siswa baru.

“Kehadiran bapak TNI di sini membuat kami dekat dengan bapak-bapak TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI, ujar guru pendamping MPLS dan para Ketua OSIS.

Disamping membantu kegiatan mengajar di kelas, prajurit TNI juga memberikan tips belajar dengan cara berdiskusi memecahkan soal bersama dan pembentukan disiplin belajar kepada siswa-siswi. Hal ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ibu Endang Rukmini, M.Pdi. yang mewakili semua Kepala Sekolah pada saat akhir kegiatan MPLS merasa senang dan berterima kasih kepada Bapak Danramil  dan Babinsa yang telah membantu dan memperhatikan siswa siswi kami dalam proses kegiatan belajar mengajar.

 Saya berharap kerja sama yang sudah berjalan dari bapak -bapak TNI tetap kita dipelihara dan kita tingkatkan yang telah dengan senang hati dan ikhlas membantu kegiatan MPLS di wilayah Kecamatan sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan bangga, pungkas ibu Kepala SMP Negeri 2 Karangrejo disaat acara kegiatan MPLS sudah berakhir  ( By. R. 07 ).

Tidak ada komentar: