Rabu, 21 Agustus 2019

Danramil 0804/05 Poncol Mendapat Kehormatan Memberikan Wawasan Kebangsaan Pada Raimuna Gerakan Pramuka


Magetan - Berdasarkan program kerja kwartir cabang gerakan pramuka Magetan mengadakan kegiatan Raimuna Cabang yang bertempat dilapangan Bumi Perkemahan Alastua. Atas dasar program tersebut maka Kapten Inf Suwarno Mendapat kehormatan memberikan materi wawasan kebangsaan pada acara tersebut.

Perlu diketahui bersama pengertian  Raimuna itu sendiri . Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional. Kata Raimuna berasal dari bahasa suku Asli di wilayah Yapen Waropen-papua, yang berasal dari kata Rai dan Muna yang artinya pertemuan ketua suku dalam suatu forum yang menghasilkan suatu tujuan suci untuk kepentingan bersama.

Danramil 0804/05 Poncol Kapten Inf Suwarno  Berkesempatan memberikan ceramah wawasan kebangsaan  Kepada Para peserta kegiatan Raimuna cabang pada 19 - 22 Agustus 2019 bertempat di bumi perkemahan Alastua Kecamatan Poncol.  Beliau  memandang  perlu mendapatkan perhatian  dalam hal  pemberian materi wawasan dalam rangka memberikan pembekalan kepada  mereka. Peserta yang terdiri dari berbagai perwakilan sekolah yang ada di Kabupaten Magetan sangat perlu untuk diberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan mengingat mereka calon generasi penerus bangsa.Hal - hal yang menjadi penekanan Beliau adalah rasa cinta terhadap bangsa dan negara sebagai bagian dari warga negara, diharapkan para siswa dan siswi dapat mengisi dengan kegiatan kegiatan yang positif dan dapat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri,lembaga dan negara.

Lebih lanjut Danramil 0804/05 poncol Kapten Inf Suwarno menjelaskan para Pramuka merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet perjuangan para pahlawan dalam menjaga keutuhan NKRI. Karena itu, perlu untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam diri mereka.

Selain menanamkan nilai-nilai keagamaan, memberikan wawasan kebangsaan juga sangat diperlukan agar mereka memahami bangsanya dan mengerti bagaimana cara mencintai tanah airnya.Danramil 0804/05 Poncol Kapten Inf  Suwarno menambahkan penanaman rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan yang luas, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta rasa rela berkorban harus diberikan dan ditanamkan sejak dini kepada  generasi muda, agar mereka memahami jadi diri bangsanya (R.05)

Tidak ada komentar: