Senin, 12 Agustus 2019

Demi Melestarikan Adat Istiadat Dan Budaya,Babinsa Koramil Karangrejo Berpartisipasi Dalam Acara Bersih Desa


Magetan - Serda Agus Triyono Babinsa desa Gebyok Koramil 0804/07 Karangrejo menghadiri acara bersih desa dan Sedekah Bumi yang dilaksanakan di Punden desa Gebyok kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Senin (12/08/19 )

Kegiatan bersih desa dan sedekah bumi merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah hasil panen yang melimpah dan juga kegiatan ini bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan,selain itu bersih desa dan Sedekah bumi juga bertujuan untuk memohon berkat agar desa Gebyok aman,tentram dan dijauhkan dari segala musibah.

 Dalam kegiatan bersih desa dan sedekah bumi tersebut kepala desa Gebyok bapak Eka Saputra, SE dalam sambutannya mengatakan acara bersih desa dan sedekah bumi merupakan tradisi  yang secara turun temurun terus dilestarikan dan ini juga bagian dari warisan adat istiadat budaya Indonesia yang beraneka ragam budaya namun tetap satu yaitu Indonesia, dengan kegiatan bersih desa dan sedekah bumi yang merupakan warisan adat istiadat sebagian bangsa Indonesia ini seyogjanya dipertahankan dan dilestarikan agar tidak musnah. Hal ini perlu diketahui oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu menjiwai nilai-nilai luhur bangsa yang berdasarkan pada Pancasila". Ucapnya.

Jika dilihat kenyataan dalam perkembangan zaman teknologi yang berpangkal pada kehidupan modern, maka Adat Istiadat bangsa Indonesia ini akan menghadapi tantangan berupa pergeseran nilai. tidak mustahil pergeseran nilai dapat mendangkalkan Adat Istiadat leluhur, terlebih pada generasi muda yang masih belum kuat dan belum mampu mengantisipasi kedatangan budaya asing yang serba modern yang mendasarkan pada kemampuan teknologi dan melupakan sumber nilai-nilai luhur yang mengakar pada Adat Istiadat kebudayaan Bangsa kita, kalau pergeseran nilai dibiarkan berlarut-larut maka tidak mustahil adat istiadat bersih besa dan sedekah bumi akan dilupakan bahkan tidak dikenal lagi oleh generasi muda dan akhirnya akan hilang sama sekali. Kalau hal itu terjadi sungguh sangat disayangkan". Tambahnya.

Sebagai Babinsa desa Gebyok Serda Agus Triyono akan selalu mendukung dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang ada di desa binaanya seperti acara bersih desa yang sekarang ini sedang di laksanakan". Pungkasnya. (R-07 )

Tidak ada komentar: