Senin, 12 Agustus 2019

Komsos Sarana Mendekatkan Aparatur Teritorial Dengan Masyarakat


Magetan -Sebagaimana diketahui, komsos bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menyamakan persepsi serta kerjasama yang erat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Selain itu, tujuan komsos untuk mendekatkan aparatur teritorial  dengan warga masyarakat guna menumbuhkan hubungan emosional antara TNI dan masyarakat serta sebagai wahana untuk melakukan giat monitoring wilayah. Disamping itu, komsos pun sebagai sarana untuk memantau situasi di wilayah binaan.

Komunikasi perlu dibangun untuk menumbuhkan kebersamaan dengan seluruh elemen tokoh masyarakat diwilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Batikomsos Koramil 0804/05 Poncol Pelda Sutrisno menyambangi salah satu sekolah menengah pertama yang ada diwilayah Kecamatan Poncol. Kedatangannya dimaksudkan untuk mendekatkan diri dengan elemen masyarakat khususnya dibidang dunia pendidikan. Menurutnya dunia pendidikan sangat penting untuk mendapatkan perhatian karena disanalah mereka menimba berbagai ilmu yang nantinya mendasari para siswa dalam hal sikap dan prilaku selain dalam ilmu dan pengetahuan. Klo kita jeli mengamati perkembangan kehidupan sosial masyarakat khususnya diusia remaja yang didominasi kalangan siswa atau pelajar dari berbagai tingkatan sangatlah memprihatinkan. Adat kesopanan dan tingkah lakunya sudah kebablasan dan cenderung mengarah kepada kenakalan remaja.

Dengan kehadiran aparat teritorial diharapkan mampu memberikan saran dan masukan kepada pihak sekolah sehingga kecenderungan tingkah laku para siswa dapat dikurangi. Pengaruh iptek sangatlah berdampak kepada kehidupan mereka dimana mereka belum mampu menyaring dari fulgarnya informasi yang bisa diakses dengan mudah melalui media sosial. Kerjasama antara Koramil 0804/05 Poncol dengan SMPN I Poncol sudah sering terjadi,  hal ini menunjukan peran serta aparatur kewilayahan sudah bekerja secara sekuat tenaga walaupun belum maksima, namun upaya yang dilaksanakan setidaknya sudah bisa membantu permasalahan yang ada diwilayah binaan. Pengorbanan yang tidak terhingga dan tidak mengenal waktu dikala dibutuhkan kehadirannya merupakan makanan pokok bagi segenap insan teritorial yang ada dikomando kewilayahan.

Koordinasi dengan aparat terkait pun, akan dilakukan sehingga permasalahan tersebut tidak berkembang. Kegiatan komsos mencerminkan kepedulian seorang Aparat Teritorial kepada masyarakat tanpa pamrih.

Kepala Sekolah SMPN I Poncol  sangat terkesan dengan kedatangan Pelda Sutrisno beserta Babinsa Desa Alastuo disela sela kesibukanya.Beliau menyampaikan hubungan baik antara yayasan dengan aparutur kewilayah sagat berguna untuk kemajuan yayasan yang dipimpinan.Hal ini terbukti dengan ikut andilnya dalam membimbing anak didiknya pada saat masa pengenalan lingkungan sekolah, setiap saat dibutuhkan oleh pihaknya  aparatur kewilayahan selalu ada.

Menurut beliau kondisi yang sinergitas antara yayasan dengan Babinsa sangat mutlak untuk dipertahankan satu sama yang lainya guna mendapatkan manfaat. Besar harapan beliau peran serta aparat teritorial untuk ditingkatkan mengingat permasalah sosial yang timbul dikalangan siswa sudah semakin komplek dan hal ini dipandang perlu peran serta dari berbagai pihak untuk membantu demi kelangsungan masa depan mereka. Masa depan bangsa ini terletak dipundak mereka yang nantinya melanjutkan tongkat estafet dari para pendahulunya yang pada waktunya diberi kesempatan untuk memimpin bangsa dan negara ini.(R.05)

Tidak ada komentar: