Senin, 05 Agustus 2019

Semangat Babinsa Untuk Mensukseskan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke - 74


Magetan -Belajar dan berlatih merupakan motto yang sering terdengar ditelinga kita pada umumnya, Apalagi sebagai prajurit bukan sesuatu yang asing lain. Ibarat menu merupakan porsi yang tiap hari disajikan dan tiap hari dimakan. Walaupun sudah merasa bisa atau mampu akan tetapi latihan sangat diperlukan guna membina dan menjaga kemampuan  yang dimiliki. Seorang pesilat saat keluar dari padepokan pastilah sangat ditakuti karena kehebatanya dalam berkelahi, tetapi ketika sekian lama tidak diasah sendiri kemampuanya maka sedikit demi sedikit ilmunya akan luntur.

Hal inilah yang menjadi pedoman bagi Serka Bambang dan Serda Marjuki dalam melaksanakan tugas sebagai pelatih paskibraka di Kecamatan Poncol. Paskibraka disiapkan nantinya untuk upacara detik - detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 74.Pengalaman yang sudah dimiliki keduanya ditularkan kepada adik - adik paskibraka yang merupakan siswa dan siswi SMKN Poncol yang diberi mandat oleh Kecamatan Poncol untuk menjadi paskibra.

Latihan dilaksanakan dilapangan Kecamatan Poncol yang letaknya tidak jauh dari Koramil 0804/05 Poncol. Agenda latihan dilaksanakan setiap harinya berkerjasama dengan Polsek Poncol. Semangat tidak mengenal lelah ditunjukan dari adik - adik siswa dan siswi SMKN Poncol, dengan dukungan yang boleh dibilang tidak memenuhi standard atau dalam kata lain seadanya namun tidak mengendorkan semangat mereka dalam mengemban amanat yang diberikan kepadanya. Begitu juga pelatih Serka Bambang dan Serda marjuki yang selalu setia membimbing dan mengarahkan mereka tanpa pamrih dan semangat juang yang tinggi mereka memberikan segala ilmu dan kemampuanya demi mensukseskan salah satu agenda besar yang datangnya hanya sekali dalam setahun.

Dasar dari pelaksanaan kegiatan latihan paskibraka adalah musyawarah oleh anggota Forkompimca dan Dinas Instansi terkait pada saat Rakor PHBN. Dalam rapat tersebut yang diwakili Batikomsos Koramil 0804/05 Poncol Pelda Sutrisno Koramil serta Polsek sebagai seksi rangkaian kegiatan upacara detik - detik Proklamasi baik pada saat upacara pagi / maupun sore pada saat upacara penurunan bendera. Sekolah yang mendapat kehormatan menjadi Paskibraka adalah SMKN 1 Poncol yang kebetulan letaknya tidak jauh dari Koramil 0804/05 Poncol.Dalam hal  melatih Paskibraka Koramil 0804/05 Poncol menugaskan Serka Bambang dan Serda Marjuki untuk membina dan melatih Paskibraka yang nantinya akan digunakan untuk Upacara  HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 74 Th.2019 di lapangan Kecamatan Poncol.Latihan dilangsungkan setiap harinya bersama dengan anggota polsek Poncol.

Menurut Serka Bambang   Babinsa yang tergabung dalam pembina dan pelatih Paskibraka  mengatakan bahwa melatih dan menyiapkan paskibraka bukanlah pekerjaan yang ringan butuh pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran.Baik buruknya penampilan mereka sangatlah bergantung kepada pembinaan pelatih dilapangan. Dihadapkan dengan kondisi anak sekarang yang sudah mulai luntur semangat untuk mengikuti kegiatan   dalam rangka menghiasi HUT Kemerdekaan. Menyiapkan mereka tidak serta merta latihan fisik yang dilatihkan akan tetapi harus diutamakan dulu semangat patriotismenya untuk menggugah dan menimbulkan semangat dalam melaksanakan tugas sebagai anggota paskibraka.Hal ini  sangat diperlukan untuk menjadikan satu kesatuan yang nantinya membawa nama baik Kecamatan Poncol umumnya dan SMKN I Poncol khususnya.Hal mendasar dari Paskibraka sendiri adalah memberikan gambaran kepada para generasi muda untuk mencintai negaranya yang sudah direbut oleh para pahlawan yang tanpa pamrih mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan bangsanya.Generasi muda  tinggal mengisi dan melanjutkan apa yang menjadi cita - cita para pahlawan yang sudah memberi kemerdekan kepada bangsanya. (R.05 )

Tidak ada komentar: