Rabu, 25 September 2019

Babinsa dan warga desa Soco renovasi rumah makam Leluhur Pendiri Desa


MAGETAN, JAWA TIMUR. Untuk tetap melestarikan budaya adat yang sudah turun temurun dari nenek moyang, sebagai tempat yang dianggap sakrar oleh masyarakat setempat. Punden merupakan tempat yang harus tetap dijaga dan dirawat sebagai bentuk menjujung tinggi dan menghormati para leluhur yang menjadi cikal bekal berdirinya desa tersebut. Oleh sebab itulah Babinsa Desa Soco Koramil 0804/13 Bendo Serda Heri Wahyono bersama masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti sosial renovasi rumah makam leluhur yang sudah mengalami kerusakan di punden desa. (Rabu, 25/09).


Kegiatan kerja bakti rehab makam leluhur tersebut dalam rangka membersihkan makam leluhur sekaligus menghadapi bersih desa yang merupakan salah satu budaya kearifan lokal desa soco. Sasaran kerja bakti kali ini adalah perbaikan rumah makam para leluhur desa soco yang sudah mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki, agar pada saat acara bersih desa bangunan rumah makan punden tersebut sudah bagus lagi.

Serda Heri Wahyono mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bakti nyata sekaligus penguatan paradigma kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kegiatan kerja bakti sebagai implementasi dari Binter Koramil 0804/13 Bendo. Kegiatan tersebut sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya membantu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah.

 "Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, sebagai bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia," Imbuh Serda Heri Wahyono. (BUDI)

Tidak ada komentar: