Jumat, 06 September 2019

Babinsa Desa Kleco Ajak Para Lansia Jaga Kebugaran Dengan Senam Dan Rutin Minum Susu


Magetan, Kebiasaan minum susu identik dengan anak-anak sebab mereka dianggap membutuhkan nutrisi yang banyak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bagaimana dengan lansia yang pertumbuhannya sudah berhenti, Perlu kita ketahui bahwa susu adalah salah satu sumber terbesar dari kalsium dan vitamin D. Kedua jenis zat gizi ini dibutuhkan tubuh untuk membuat tulang lebih kuat dan mencegah kerapuhan. Oleh sebab itulah yang mendorong Babinsa Desa Kleco Serda Sri Suharno bersama Kepala Desa Bapak Wandoyo Purwanto memberikan Minuman Susu serta mengajak senam bersama kepada warga masyarakat yang Lanjut Usia (Lansia) Desa Kleco Kecamatan Bendo. (Jumat, 06/09) 

Serda Sri Suharno mengatakan bahwa manfaat susu bagi kesehatan dirasakan oleh setiap kelompok usia, tak terkecuali lansia atau mereka yang berusia 46 - 65 tahun. Selain sebagai sumber protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang baik. Minum susu bisa memperlambat pengeroposan tulang. Kalsium dan vitamin D yang ada di dalam susu, dapat membuat tulang menjadi lebih padat, sehingga mencegah tulang rapuh. Dalam satu gelas susu rendah lemak saja, terkandung 306 mg kalsium, yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium Anda sehari.

Selain mendapatkan minuman susu para Lansia juga diajak senam bersama, karena senam lansia adalah salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Sehingga dengan senam meningkatkan jantung agar dapat memompa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal. Olahraga ini mudah dilakukan dan tidak memberatkan tertutama pada lansia. Aktivitas senam lansia sangat memberikan manfaat bagi tubuh terutama tetap menjaga fungsi jantung bekerja secara optimal. Senam lansia tidak hanya menyehatkan fisik tetapi juga dapat menjaga mental dan emosi. Aktivitas ini setidaknya dapat mempertahankan emosi lansia tetap stabil, senantiasa bahagia, tidur lebih nyenyak serta mengkondisikan pikiran tetap segar.

"Sebelum mengalami sakit, marilah kita jaga kesehatan. Selalu ingatlah bahwa kesehatan yang paling penting untuk dijaga dan dirawat, karena kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT untuk makhlukNya. Kita bertugas untuk menjaga dengan sebaik-baiknya. Misalnya dengan istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan dan lain sebagainya. Selalu pakailah semboyan Lebih baik mencegah daripada mengobati". Imbuh Serda Sri Suharno. (R13)

Tidak ada komentar: