Kamis, 26 September 2019

Bagi Babinsa Kegiatan Keagamaan Menjadi Sarana Silaturahmi Dengan Masyarakat


Magetan – Penting bagi  Babinsa senantiasa menjalin silaturahmi dan komunikasi yang haronis  dengan warga binaan supaya nantinya dapat mengetahui dan membatu kesulitan atau permasalahan   yang terjadi dilingkungan masyarakat serta guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Silaturmi itu selalu dilakukan secara intensif dilingkungan Pos Ramil Nguntoronadi dengang menghadiri pengajian menyambut Tahun Baru Islam 1441 H di halaman SDN 1 Kenongomulyo Kecamatan Nguntoronadi Magetan dengan pembicara KH Mohammad Nafi'an dari Karang anyar jawa tengah. Rabu(25/09/19).

Pelda Suroto Danpos Ramil Nguntoronadi menuturkan menghadiri pengajian merupakan sarana mendekatkan diri dan menambah ketaqwaan kepada Allah SWT, dan sekaligus sebagai sarana menjalin silaturahmi diwilayah binaan agar nantinya terjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat, “kata Suroto”

Sementara itu dalam tausyahnya tausiahnya KH Mohammad Nafi'an mengupas makna Peringatan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam yang merupakan peristiwa bersejarah umat Islam yang selalu diperingati setiap tahun sebagai hari besar permulaan tahun menurut perhitungan bulan Islam.

Adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur di berlakukannya peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasulullah Muhammad SAW ketika melakukan hijrah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.

Dalam menyampaikan bahwa proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, diantaranya ialah setiap insan atau manusia di masa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat-sifat buruk menuju perbaikan kebaikan.

“Sehingga peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir batin bagi orang-orang yang berakal, tidak hanya sekadar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat.,” ujarnya (0804/11)

Tidak ada komentar: