Sabtu, 14 September 2019

Dengan Ditandai Pemukulan Gong Oleh Dandim 0804, Kirab Budaya Dan Tumpeng Desa Terung Diberangkatkan


Magetan - Terik matahari dilapangan Desa Terung Kec. Panekan cukup menyengat, Namun sekitar 1000 warga Desa Terung tetap antusias untuk mengikuti giat Kirab Budaya dan Pawai tumpeng. Sabtu(14/9)

Sebelum tumpeng yang dibuat oleh masing-masing  RT diarak sejauh 1 km menuju makam Punden desa Adipati Terung , terlebih dahulu dilombakan dan diadakan penilaian. Tak tanggung tanggung Dandim 0804 diberikan kehormatan sebagai Dewan Juri oleh Ketua Panitia.

Dengan ditandai pemukulan GONG sebanyak 3X oleh Dandim 0804 Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandi SE , peserta kirab dan pawai tumpeng mulai bergerak. Arak arakan pawai dan kirab tumpeng mendapatkan simpati dari warga masyarakat setempat , karena baru Tahun ini dilaksanakan ,” ujar Kades Terung sdr. Sutomo”.

Sesampai di makam Adipati Terung , diadakan Adat tradisi yang dipimpin langsung oleh Kasi Kebudayaan Jawi Dikbud Prop. Jatim Bpk. Totok dan Bpk. Joko dari Disparbud Kab. Magetan didampingi oleh pejabat Forkopimca Panekan.

Dandim 0804/Magetan dalam sambutanya sangat mengapresiasi kegiatan Kirab budaya yang  gelar pemerintah Desa Terung, “ini merupakan wujud nyata dan upaya menjaga tradisi dan budaya masyarakat Desa terung yang harus kita dukung dan kita lestarikan”  terangnya.

Sementara itu Kasi Kebudayaan Jawi Dikbud Provinsi Jatim Totok mengatakan, walaupun acara ini dalam rangka Bersih Desa dibulan Suro , namun agar Pawai Seni Budaya dan Kirab Tumpeng supaya  dilestarikan yang kedepan dapat membawa berkah kemajuan ekonomi warga  serta menjadikan Desa Terung sebagai daerah Wisata religi. “ungkapnya” (R.03)

Tidak ada komentar: