Selasa, 17 September 2019

Hari Aksara Internasional, Kasdim 0804 Dukung Pemberantasan Buta Aksara Di Kab. Magetan


MAGETAN  JAWA TIMUR – Pemerintah Kab. Magetan  mengelar Upacara Hari Aksara Internasional, Hari Olahraga, Hari Palang Merah Indonesia, Hari Undang-undang Pokok Agraria, Hari Perhubungan dan Hari Statistik Nasional th 2019, di Halaman Pemkab. Magetan Jl.Basuki Rahmat Timur No.01 Kab Magetan, bertindak  selaku Irup Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH. MSI. Selasa(17/9)

Hari Aksara Internasional telah ditetapkan untuk diperingati setiap tanggal 8 September melalui Konferensi UNESCO pada tanggal 26 Oktober 1966. Pada peringatan hari aksara kali ini mengangkat tema nasional berupa “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat”.

Dalam amanatnya  Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraaan Ditjen PAUD dan Diknas Kemendikbud  mengatakan, yang dibacakan Bupati Magetan  mengatakan lewat tema tersebut pihaknya berharap buta aksara di Indonesia bisa dientaskan lewat pendekatan budaya masing-masing daerah.

Harapan dengan mengangkat tema diatas, yang pasti kita ingin mendorong bahwa memberantas buta aksara merupakan bagian dari literasi di masyarakat.  Kita memiliki budaya dan bahasa yang begitu banyak di nusantara ini, sehingga semuanya itu bisa digunakan untuk mendukung literasi ini, untuk masyarakat di sekitar masing-masing. “terangnya”

Kasdim 0804/ Magetan Mayor Inf Muji Wahono yang turut hadir pada upacara tersebut mengungkapkan  bahwa pihaknya sangat mendukung langkah yang diambil pemerintah daerah dalam mengentaskan buta akasara dan mengajak seluruh masyarakat peduli penuntasan buta aksara di Kab. Magetan. “tuturnya”. (0804)






Tidak ada komentar: