Jumat, 27 September 2019

Koramil 0804/01 Magetan, Grebeg Pring Urip Tahun 2019 Di Desa Ringinagung Berlangsung Meriah


Magetan - Danramil 0804/01 Magetan Kapten Infanteri Suparlan menghadiri kegiatan Grebeg Pring Urip Tahun 2019 bertempat di Pasar desa Ringinagung kecamatan Magetan.Kamis ( 26/09/2019 )

Dalam kegiatan Grebeg Pring Urip tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan Dr.Drs.H Suprawoto SH.Msi,Dinas PMD dari Provinsi Jatim,Camat Magetan Parminto Budi Utomo S.Sos Map,Kapolsek Magetan AKP.IIn Pelangi,Dan Ramil 0804/01 Kapten inf Suparlan,Dinas Pariswisata Magetan,Ketua Pekatik Bpk.Arjuna,Kepala Ds. Ringinagung Yully Bagus Trisnawan S.Sy,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda,Ketua RT/RW dan masyarakat desa Ringinagung.

Menurut keterangan Kades Ringinagung Yulli Bagus Trisnawan mengatakan, memang betul bahwa pusaka yang dimiliki Desa Ringinagung, semalam juga diarak keliling kampung sejak dulu. Sebenarnya dilakukan tiap tahunnya, berhubung Desa ada kegiatan Grebeg Pring Urip sekalian turut meramaikan. Maka dari itu, pusaka tersebut selalu dirawat dan dijaga demi melestarikan budaya adat Desa Ringinagung khususnya.

Kapten Infanteri Suparlan memberikan apresiasi kepada penerintah desa Ringinagung yang telah melestarikan  budaya daerah.

Budaya Daerah adalah suatu kebiasaan dalam wilayah atau daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun oleh generasi terdahulu pada generasi berikutnya pada ruang lingkup daerah tersebut. Budaya daerah ini muncul saat penduduk suatu daerah telah memiliki pola pikir dan kehidupan sosial yang sama sehingga itu menjadi suatu kebiasaan yang membedakan mereka dengan penduduk – penduduk yang lain. Budaya daerah sendiri mulai terlihat berkembang di Indonesia pada zaman kerajaan – kerajaan terdahulu. Itu dapat dilihat dari cara hidup dan interaksi sosial yang dilakukan masing-masing masyarakat kerajaan di Indonesia yang berbeda satu sama lain. ”jelas Kapten Infanteri Suparlan”. ( R 01 )

Tidak ada komentar: