Sabtu, 14 September 2019

Koramil 0804/08 Barat, Pendidikan Bela Negara Melalui Kegiatan Saka Wira Kartika


MAGETAN JAWA TIMUR.Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan, wawasan kebanggan serta pendidikan bela negara.

Pada kesempatan ini Pembina Saka Wira Kartika Koramil 0804/08 Barat Serma Suroto memberikan materi tentang Kesakaan bertempat di halaman sekolah SMKN Kartoharjo. Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang Matra Darat. Matra Darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai.

Saka Wira Kartika memiliki lima Krida. Setiap Krida terdiri dari beberapa Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Lima Krida tersebut diantaranya Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana, ungkap Serma Suroto.

Disamping itu pula Saka Wira Kartika membentuk generasi muda yang memiliki jiwa patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," Sabtu, 14/09/2019 (R.08)

Tidak ada komentar: