Senin, 09 September 2019

Nguri Nguri Budaya Leluhur Tak Luput Dari Peran Serta Babinsa Poncol


Magetan - Bertempat di lapangan Sorgades Desa Poncol Kec. Poncol  Babinsa Desa Poncol menghadiri giat Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Bersih Desa Poncol. Selain dalam rangka serangkaian kegiatan Bersih Desa Poncol, juga untuk memperingati tahun baru 1441 Hijriyah 2019 (Bulan Muharam/Suro) sebagai sarana untuk melestarikan budaya dan adat istiadat dari para Leluhur/Sesepuh Desa Poncol.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Serka Bambang selaku Babinsa Desa Poncol, Kepala Desa Poncol beserta perangkat desa, Bhabinkamtipmas Polsek Poncol, Toga/Tomas Desa Poncol dan Sesepuh Desa Poncol. Kegiatan sendiri dimulai pukul 21.00 Wib sampai dengan selesai. Segenap warga Desa Poncol berduyun duyun memadati lapangan Sorgades Desa  poncol.

Warga masyarakat sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang ada didesanya yang merupakan warisan leluhur yang sudah turun temurun. Dalam kegiatan tersebut Serka Bambang Babinsa Desa Poncol Koramil 0804/05 Poncol menyampaikan bahwa hal positif dengan adanya kegiatan bersih desa apalagi adanya pergelaran wayang kulit merupakan daya tarik tersendiri dan hiburan bagi warga binaanya.

Pelestarian budaya lokal sangatlah penting dimana diera modernisasi budaya dan adat istiadat yang ada didesa mulai terkikis oleh budaya modern dan hal ini sangat berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat desa Poncol. Dengan kegiatan nguri  nguri budaya ini diharapkan generasi muda paham akan budayanya sendiri dan mampu mempertahankan serta melestarikanya.®05

Tidak ada komentar: