Minggu, 29 September 2019

Saka Wira Kartika Koramil 0804/08 Barat Latihan Navigasi Darat


MAGETAN JAWA TIMUR.Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Koramil 0804/08 Barat melaksanakan latihan rutin kegiatan Saka Wira Kartika dengan materi Krida Navigasi Darat, yang di isi oleh Serma Suroto selaku Pembina atau Instruktur, dengan peserta siswa siswi Pramuka SMA Barat, SMKN Kartoharjo dan SMAN Karas, yang bertempat di Makoramil 0804/08 Barat. Minggu (29/09/2019).

Serma Suroto menjelaskan bahwa Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai - nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujarnya.

Lanjut Serma Suroto, Krida Navigasi Darat terdiri atas empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu SKK Pengetahuan Peta dan Medan, SKK Kompas Siang dan Malam, SKK Pengetahuan Resection dan Intersection, dan SKK Pengetahuan Global Position System (GPS). Empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) ini wajib dikuasai oleh Krida Navigasi Darat, sehingga perlu diadakan latihan rutin secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut untuk menempa dan mengasah kemampuan para anggota Saka Wira Kartika supaya dapat diterapkan dilapangan sewaktu-waktu di butuhkan, “punkasnya”.

“Selain itu untuk menyiapakan para pelajar yang memiliki semangat juang yang tinggi dan tangguh Koramil 0804/08 Barat turut serta bertanggung jawab dengan melalui pembinaan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika agar para pelajar mempunyai pemikiran dan tingkah laku yang positif,” tuturnya.(R.08)

Tidak ada komentar: