Rabu, 23 Oktober 2019

Forkopimca Barat Bersama Masyarakat Gelar Sholat Istisqo' Untuk Meminta Hujan


Magetan Jawa timur. Forkopimca Kecamatan Barat bersama ribuan warga masyarakat muslim menggelar Shalat Istisqo' atau sholat minta hujan karena kemarau panjang yang terjadi di wilayah kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Senin siang (22/10/2019)

Dalam kegiatan tersebut selain dihadiri Forkopimca Kec Barat, hadir pula Kepala KUA Kec Barat, Nurdin Hidayat, Ketua MUI Kec Barat Ustad Khusnan Yasin, dan jamaah sholat istisqa kurang lebih 3.000 orang

Sholat yang bertujuan untuk meminta hujan yang digelar di Lapangan kelurahan Mangge, Kecamatan Barat tersebut tidak hanya diikuti warga Kecamatan Barat saja,tetapi para pelajar dari sekolah tingkat SD hingga SMA juga ikut serta dalam sholat istisqo.

Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai Imam dalam pelaksanaan sholat istisqo dan Dzikir dipimpin oleh Ketua MUI Kec Barat, Ustad Khusnan Yasin.

Acara di awali dengan Sambutan Camat Barat, Yok Suwarji, S.STP, mengucapkan terima kasih kepada seluruh element masyarakat yang   hadir pada kesempatan sholat istisqo' ini. Semoga dengan  sholat istisqo' ini hujan yg kita nantikan segera turun. Pada hari ini merupakan hari santri yg bertepatan dengan diadakannya sholat istisqo', semoga santri-santri sekalian menjadi manusia yg berguna bagi Negara bangsa dan Agama. Bagi kalian yg mau berkarir di bidang apapun, dimohon bisa bertanggung jawab dan bisa berbuat yg terbaik di bidang masing-masing.

Sementara khotbah dan doa istisqo’ dipimpin oleh Kepala KUA Kec Barat, Bpk Nurdin Hidayat.Dalam khotbahnya beliau menyampaikan Bersyukur atas nikmat yg diberikan Allah SWT kepada kita yang sangat berlebih, untuk itu kita wajib bersyukur kepada Allah SWT. Tidaklah Allah menimpakan suatu musibah kepada penduduk bumi melainkan mereka lupa untuk selalu bersyukur.  Allah akan menguji kamu dengan kebaikan atau keburukan agar kamu sekalian selalu mengingat Allah, dikala kamu dalam massa kelapangan atau dalam massa yang sulit. Sesungguhnya perbuatan maksiat akan mendatangkan kesulitan kepada kita semua, apa saja musibah yg terjadi pada kamu sekalian karena ulah tangan-tanganmu sendiri. Allah SWT tdk akan membinasakan suatu kaum apabila kaum itu adalah kaum yg senantiasa bersyukur dan mengingat nama Allah,  jika suatu kaum tdk bersedakah maka hujan dilangit akan tertahan, karena amal perbuatan mereka. Untuk itu marilah kita sama-sama peduli dengan kehidupan disekitar kita.

Sementara itu Danramil 0804/08 Kapten Inf Kiswanto, SE. menyampaikan musim kemarau tahun ini dampaknya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu kita memohon kepada Allah SWT, agar diturunkan hujan, sehingga kesulitan warga akan  kekurangan air bisa segera berakhir. Kita mohon Rahmat Allah SWT dan mudah-mudahan dengan adanya sholat ini, kita diberi kemudahan-kemudahan.

Kegiatan shalat Istisqo' Forkopimca Kec Barat, beserta seluruh warga masyarakat Kec Barat, dimulai pukul 13.30 Wib s/d selesai pukul 14.30 Wib, dengan tertib lancar dan aman. Kegiatan ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang dilaksanakan oleh Forkopimca Kec Barat. (R.08)

Tidak ada komentar: