Jumat, 04 Oktober 2019

Pembukaan Festival Budaya Dewi Sri Desa Simbatan 2019 Kec. Nguntoronadi


Magetan -  Situs Purbakala Petirtaan Dewi Sri" Desa Simbatan kec. Nguntoronadi kab. Magetan dilaksanakan pembukaan Festival Budaya Dewi Sri Simbatan 2019 dengan tema "Sinergi Alam dan Budaya Menuju Kearifan Lokal yang Adiluhung". Dalam acara tersebut dihadiri Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI, Kasi intel Korem 081 DSJ Letkol Inf Khairuddin, Forkopimca kec. Nguntoronadi, Kades Simbatan dan seluruh undangan sekitar 270 orang.

Dalam acara ini disusun sebagai berikut diantaranya Pembukaan, Pengalungan bunga, Prosesi pengambilan air pertirtaan sendang Beji, Do'a, Sambutan. Sambutan yang pertama oleh kepala desa simbatan yang intinya, Ucapan selamat datangn kepada para tamu undangan karena dg ijinnya kira dapat menyaksikan pelaksanaan kirab budaya desa simbatan yg merupakan warisan leluhur.

Ucapan puji syukur kehadirat alloh swt karena dengan ijinnya pula kita dapat melaksanakan kirab budaya yg merupakan kekayaan bangsa lokal yg tak ternilai harganya, saya atas nama masyarakat simbatan mengucapkan mohon maaf jika dalam penyambutan ada kesalahan dan kekurangan.

Setelah itu Sambutan oleh bupati magetan, beliau menyampaikan Ucapan puji syukur kehadirat Alloh SWT karena dengan nikmat sehat yg diberikanNya kita masih bisa bersilahturahmi dan berkumpul di situs purbakala Desa Simbatan dalam keadaan sehat tidak kekurangan suatu apapun.

Ucapan trimakasih kepada kades Simbatan karena acara kirab ini bisa dilaksanakan tiap tahun, dg dilaksanakan acara ini berarti kita ikut melestarikan nguri² adat jawa dan semoga acara ini bisa lestari hingga akir jaman nanti.

Saya sebagai bupati mageran mengucapkan apresiasi yg setinggi tingginya kepada masyarakat simbatan pada khususnya yg ikut melestarikan kebudayaan jawa.

Kedepan kami beserta dinas kebudayaan akan mewujudkan simbatan desa wisata sebagai Simbatan Lestari.

Kemudian dilanjutkan Pernyatann pembukaan Fesval Dewi Sri oleh Bupati Magetan ditandai dengan pemukulan Gong dan dilanjutkan suguhan Tari Budaya Dewi Sri.

Festival Budaya Dewi Sri Simbatan 2019 yg dilaksanakan tiap tahun di desa Simbatan Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan adalah sebagai ucapan rasa syukur kepada Alloh Swt karena masyarakat Simbatan diberi limpahan rahmat dan rizki sehingga masyarakat Simbatan dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Ikut nguri² kebudayaan jawa yg semakin lama semakin luntur.

Tidak ada komentar: