Selasa, 19 November 2019

Antisipasi Berkembangnya Wabah Demam Berdarah Babinsa Dan Petugas Kesehatan Turun Ke Lapangan


Magetan. Mencegah lebih baik daripada mengobati hal ini sering di katakan,untuk mencegah dan mengantisipasi wabah penyakit demam berdarah Babinsa Koramil 0804/09 Sukomoro dan Puskesmas Kecamatan Sukomoro melaksanakan  kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di Desa Bogem Kecamatan Sukomoro, Selasa  (19/11/2019).

Kegiatan PSN dilakukan dengan cara melakukan pembersihan lingkungan dengan memungut sampah-sampah plastik dan juga membersihkan selokan agar tidak terjadi genangan air, yang akan menjadi sarang nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak.

Tampak ikut dalam kegiatan PSN di desa Bogem yakni Komandan Koramil 0804/09 Sukomoro Kapten Inf Efendi Santoso, Camat Sukomoro , Kapolsek Sukomoro, Kepala Puskemas Sukomoro, perangkat Desa serta anggota Koramil Sukomoro dan masyarakat Desa Bogem.

Komandan Koramil 0804/09 Sukomoro mengatakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan dilaksanakan pihak aparat Kecamatan Sukomoro, bersama dengan Koramik Sukomoro, Polsek Sukomoro , Puskesmas Sukomoro dan masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini, dalam rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk yang merupakan penyebab penyakit demam berdarah serta malaria. Tadi saat kita melakukan kerja bakti, masih banyak terdapat sampah-sampah plastik berserakan, kita menghimbau ke masyarakat untuk peduli, dengan membersihkan perkarangan rumah masing-masing,”harap Camat Sukomoro.

Danramil 0804/09 Sukomoro Kapten Inf Efendi Santoso mengatakan, kegiatan kerja bakti bersama juga merupakan program dari pihak  Puskesmas Sukomoro, yakni membersihkan lingkungan bersama dengan pihak Forkumpinca dan masyarakat Bogem.

“Program kerja bakti bersama ini, merupakan bagian sinergitas antara Koramil , Polsek, kecamatan dan  serta masyarakat, untuk turut serta peduli dengan lingkungan sekitar dan juga mendukung pembangunan di daerah ini,” ujar Kapten inf Efendi Santoso.

Sementara itu Kepala Puskesmas Sukomoro dr. Styaningsih menyebutkan untuk pencegahan wabah penyakit demam berdarah di Kecamatan Sukomoro, harus dilakukan bersama-sama, baik itu, pihak Puskesmas, aparat Koramil, Kecamatan Sukomoro serta masyarakat dengan membersihkan lingkungan.

Untuk pemberantasan pencegahan wabah penyakit demam berdarah, tidak bisa dilakukan pihak Puskesmas sendiri, tetapi juga harus melibatkan aparat kecamatan, desa dan kelurahan setempat, sebab selain melakukan kegiatan pembersihan lingkungan, juga dilakukan sosialisasi pencegahan serta pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, pembagian  obat pembunuh jentik nyamuk, juga yang terpenting yakni melakukan PSN dengan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.

“Kita menghimbau kepada masyarakat untuk membiasakan hidup bersih, serta tidak membuang sampah sembarangan,yang akan menjadi sarang nyamuk,” himbaunya. (R.09)

Tidak ada komentar: