Rabu, 22 Januari 2020

Babinsa Desa Kleco, Keterpaduan Dan Sinergitas Kunci Sukses Pembangunan Di Desanya


Magetan. Keterpaduan dan sinergitas Babinsa di tingkat desa sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan kondusifitas wilayah sehingga keberlangsungan pembangunan di berbagai bidang dapat terlaksana dengan baik, salah satunya pembangunan kesehatan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Desa Kleco Koramil 0804/13 Bendo, Sertu sri Suharno bersama Kepala Desa Kleco Wandojo Purwanto, Ka. UPT Puskesmas Kec. Bendo yang diwakili oleh Dr.Rendra,  Bidan Kleco Novita Afridayanti, Bidan KIA Puskesmas Bendo Yuni, Fromkes Puskesmas Bendo Ratna, Perangkat desa Kleco, Ibu ibu Tim Penggerak PKK desa Kleco, Ketua Rt.01 sd Rt.10 desa Kleco, Kader Posyandu desa Kleco hadir dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa, ( Rabu, 22/01/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Kleco Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan dan dibuka oleh Kades Kleco Wandojo Purwanto.

Dalam pengantarnya Kades menyampaikan, Ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Tim dari UPT Puskesmas Bendo yang hadir dalam Musyawarah Masyarakat Desa. Kades juga menghimbau seluruh peserta agar aktif mengemukakan pendapat dan pengalaman sehingga membantu pemecahan masalah yang dihadapi bersama.

Berikutnya dr. Rendra dari UPT Puskesmas Kec. Bendo menyampaikan, pengertian Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Tujuan dilaksanakannya MMD, diantaranya, agar masyarakat mengenal permasalahan kesehatan yang ada di lingkungannya, mengajak masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Poskesdes.   Di sini peran masyarakat cukup dominan dalam menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, dan melaksanakan Desa Siaga dan Poskesdes.

Acara dilanjutkan tanya jawab dan diskusi pemecahan masalah seputar kesehatan seperti tempat sampah, asuransi kesehatan, bahaya merokok, kenakalan remaja dan pengobatan gratis.

" Ini merupakan salah satu wujud tugas kita sebagai aparat teritorial dalam membantu pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan-permasalahan  yang ada di wilayah binaan kita dan melalui kegiatan saya dapat bersilaturahmi dengan masyarakat sehingga terjalin hubungan komunikasi dgn baik dan dengan kehadirannya ditengah- tengah masyarakat ini, serta dapat memberikan rasa aman dan terjalin kemitraan antara masyarakat". Pungkas Babinsa Sertu Sri Suharno (R 13 )

Tidak ada komentar: