Rabu, 22 Januari 2020

Musrenbang Desa Purworejo Libatkan Perwakilan Semua Elemen Masyarakat


Magetan. Musrenbang Desa adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan. Penyelenggaraan musrenbang Desa merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi.

Musrenbang Desa merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Desa ataupun Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan. Forum ini melibatkan  masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaiman yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan.

Oleh karenanya Desa Purworejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan melaksanakan Musrenbang Desa. Hadir dalam musrenbang, Forkopimca Nguntoronadi, Kepala Desa Purworejo beserta perangkat, Babinsa Desa Purworejo Serda Wijiatno, Bhabinkamtibmas, masyarakat Desa Purworejo,  SKPD, RT, RW, PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Karangtaruna.

Tema yang dihadirkan adalah  Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Guna Mendukung Kelancaran Pembangunan. Musrenbang Desa adalah hasil assesmen paling penting terhadap usulan program yang prioritas dari masyarakat karena apa yang dihasilkan merupakan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Purworejo menyampaikan ‘’Dalam perencanaan usulan-usulan dari masyarakat kami pilih kegiatan prioritas, meski Desa Purworejo adalah desa yang termasuk tidak terlalu luas wilayahnya, maka tetap kami menampung aspirasi setiap rukun warga, agar nantinya aspirasi tersebut dimasa yang akan datang tetap dijadikan usulan. Menyadari dalam Perencanaan Pembangunan tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang berasal dari Internal dan Eksternal,’’  tutur Hari Agung Cahyoko. Rabu (22/01/2020).

Selain itu Kepala Desa Purworejo mengucapkan terimakasih kepada semua warga masyarakat di lingkungan Desa Purworejo sudah meraih beberapa prestasi di bidang PKK, masyarakat yang sadar membayar pajak itu salah satu wujud kebersamaan menjadikan desa kita berkembang dan lebih maju. “imbuhnya”. (R.11)

Tidak ada komentar: