Jumat, 21 Februari 2020

Forkompimca Karangrejo Ikut Berperan Aktif Mensosialisasikan Berbagai Program Dari Pemerintah


Magetan, Berbagai kegiatan  Program dari Pemerintah terus di tingkatkan  untuk mensejahterakan rakyatnya seperti program sembako yang merupakan pengembangan dari program Bantuan Pangan Non Tunai, dan dalam waktu dekat juga di laksanakan pendataan sensus penduduk tahun 2020 yang mana manfaatnya sangat besar sekali antara lain, tersedianya data kependudukan dan karakteristiknya, dasar evaluasi pembangunan nasional dan pembangunan manusia, dan dasar perencanaan berbagai bidang (Kamis, 20/2/2020)

Bertempat di kantor Ds.Baluk, Kec. Karangrejo, Kab.Magetan di adakan sosialisasi program sembako sekaligus sosialisasi pendataan sensus penduduk tahun 2020 yang di hadiri oleh Plt. Camat Karangrejo, bpk. Suwito, Ap. M.Si, Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W, Kapolsek Karangrejo di wakili Kanit Binmas, Aiptu Budi, Kepala Desa Baluk, bpk.Jerman Abdul Azis Basri, Babinsa Ds.Baluk Serda Nur Basuki, Bhabinkamtipmas, Aipda Jarot, Ketua BPD, Bpk Sumadi, S.Pd, Ketua RT/RW serta undangan masyarakat berjumlah 310 orang.

Kepala Desa Baluk Jerman Abdul Azis Basri dalam sambutanya mengatakan bahwa mulai bulan Januari para keluarga penerima manfaat ada peningkatan dana bantuan melalui program sembako, yang sebelumnya bernama bantuan pangan non tunai. Peningkatan dana bantuan nominal Rp.110.000 menjadi 150.000 kepada keluarga penerima manfaat, bahwa dalam program sembako pembelian bahan pangan sudah di tentukan pemerintah. Penambahan Bansos ini dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk mendapatkan bahan pangan, program sembako bertujuan  untuk dapat membantu pencegahan stunting dengan memperhatikan gizi dari bahan pangan yang di berikan, terang bpk.Jerman Abdul Azis Basri.

 Suwito, Ap.M. Si selaku Plt. Camat Karangrejo, menyampaikan apresiasi pada kegiatan siang hari ini bahwa yang mana kehadiran masyarakat sangat banyak  dan antusias sekali, tadi sudah di sampaikan tentang program sembako yang sudah di sampaikan kepala desa, sekarang giliran saya akan menyampaikan tentang program sensus penduduk,  yang mana tahap sekarang gencar gencarnya sosialisasi yang di laksanakan BPS Kab. Magetan perlu di ketahui bahwa program sensus penduduk  tahun 2020 sudah menggunakan sistem online dan wawancara. Sistem online di laksanakan mulai tgl 15 Februari - 31 Maret 2020, Para Kepala Keluarga cukup mempersiapkan KK dan NIK serta No akta nikah dan HP sebagai alat untuk pendataan secara online, sedangkan cara wawancara dengan menerima kedatangan petugas sensus pada tanggal 1- 31 Juli 2020, urainya

Juga menambahkan masyarakat agar mengenali petugas sensus yang datang ke rumah dengan ciri ciri sbb: memakai rompi berwarna biru tua dengan logo sensus penduduk 2020, membawa tas punggung berwarna hitam dengan logo BPS, memakai tanda pengenal yang bertuliskan nama petugas dan membawa surat tugas dari BPS Kabupaten/Kota, Jadi masyarakat tinggal memilih metode yang mana cara online atau wawancara,  tambahnya.

Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo, Kapten Inf Arif W yang juga turut hadir mengatakan, Kami sangat mendukung penuh apa yang telah di lakukan pihak pemerintah desa Baluk dalam mensosialisasikan dua program dari pemerintah. Sesuai anjuran dari Pemerintah, mulai bulan Januari 2020 harus segera melaksanakan penyaluran program sembako, Program ini juga akan memudahkan bagi keluarga Penerima Manfaat (KPM) karena tidak hanya mendapatkan beras dan telur, tetapi juga bahan pangan lain melalui agen yang telah di tunjuk di masing masing desa, Untuk itu memerintahkan kepada seluruh Babinsa Koramil 0804/07 Karangrejo sebagai ujung tombak di desa bersinergi dengan Bhabinkamtipmas ikut mengawasi dan membantu saat pendistribusian sembako jangan sampai saat pendistribusian sembako ada penumpukan, berjubel jubel masyarakat sehingga pendistribusian  semrawut bahkan menjadi kacau  untuk itu peran aktif Babinsa sangat di perlukan agar dalam pendistribusianya menjadi lancar,  jelasnya.

Dalam  mesosialisasikan sensus penduduk tahun 2020 dengan perubahan metode dari tradisional ke kombinasi, upaya kita untuk mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat harus lebih optimal kepada masyarakat, Kapten Inf Arif W, Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo menitip pesan kepada Kades Baluk, dan juga jajaran Forkompimca yang hadir bahwa anggota kami para Babinsa siap membantu menyukseskan program sensus penduduk tahun 2020, karena para Babinsa sudah terlebih dahulu mendapatkan bekal sosialisasi dari Badan  Pusat Stastik (BPS) Kab. Magetan beberapa hari yang lalu dalam sosialisasi yang di pusatkan di Makodim 0804/Magetan, pungkasnya.

Dalam sosialisasi program sembako Ds. Baluk Kec. Karangrejo, Kab. Magetan di sepakati berupa, beras 10 kg, harga Rp. 95.000, telur ayam, Rp. 20.000, daging ayam, Rp. 20.000 dan buah buahan, Rp.15.000 jadi total berjumlah Rp. 150.000 ada kenaikan sebesar Rp.40.000 dan program sembako ini berlaku mulai bulan Januari 2020, untuk Ds. Baluk berjumlah 310 Keluarga Penerima Manfaat ( R/07)

Tidak ada komentar: