Kamis, 13 Februari 2020

Koramil 0804/07 Karangrejo Pelopori Penghijauan Di Wilayah Binaan


Magetan  -  Sebagai bentuk dukungan dan membantu terhadap program pemerintah daerah khususnya Penghijauan, Pemerintah Desa Baluk bersinergi dengan Koramil 0804/07 Karangrejo serta mengajak warga bersama sama untuk menanam pohon jenis Mahoni di kanan kiri sepanjang jalan desa. ( Kamis, 13/2/2020 ).

Kegiatan penghijauan yang sudah di rencanakan oleh pemerintah Desa Baluk, juga di hadiri langsung oleh Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W beserta anggota Koramil 07/ Karangrejo, Camat Karangrejo yg diwakili oleh Bpk. Suyanto, Kapolsek Karangrejo, AKP. Ruwajianto, SH beserta anggota Polsek, Babinsa Ds.Baluk Serda Nur Basuki, Bhabinkamtipmas Aipda Jarot, Kepala Ds.Baluk Jerman abdul Azis Basri serta masyrakat sekitar 20 orang.

Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W mengatakan kegiatan penanaman pohon di lakukan dengan tujuan untuk melestarikan alam terutama pepohonan yang berguna sebagai tanaman lindung / peneduh, bisa menyimpan cadangan air tanah sekaligus ke depan bisa di manfaatkan kayunya untuk bahan bangunan, oksigen bisa baik mengurangi pencemaran polusi udara, serta mencegah erosi di pinggir saluran air / parit di musim penghujan, urainya.

Kegiatan yang di laksanakan pagi hari ini adalah sebagai upaya mendukung program pemerintah. TNI AD melalui serbuan teritorialnya, terjun langsung manunggal bersama masyarakat adalah kerja nyata aparat teritorial. " Kehadiran Babinsa di tengah - tengah masyarakat sebagai wujud peran aktif Babinsa dalam setiap pelaksanaan tugasnya, " Ujarnya.

Masih di tempat yang sama Kepala Desa Baluk Jerman Abdul Azis Basri mengatakan bahwa penghijaun yang di laksanakan hari ini menanam pohon jenis Mahoni sebanyak 150 bibit dan pohon jambu jenis Dely dan Jamaika 20 bibit, Pohon Mahoni di pilih karena pohon mahoni mudah sekali tumbuh, dan daunya mampu menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen yang menyegarkan, Polusi yang diserap pun tidak sedikit mencapai 60% kandungan polusi dapat di serap oleh daunya, jelasnya

Itulah mengapa pohon mahoni sering ditanam di pinggir jalan dan juga menjadi tempat berteduh dari cuaca panas,  Kades Baluk juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Danramil 0804/07 Karangrejo  dan Kapolsek Karangrejo yang telah mendukung penuh program penghijaun ini dengan mengerahkan anggotanya bersama sama warga ikut andil dalam gerakan penghijauan, “tambah Jerman Abdul Azis Basri”.

Serda Nur Basuki selaku Babinsa Desa Baluk, saat istirahat bersama warga  binaanya menitip pesan mengharapkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat terhadap pohon - pohon maupun bibit yang sudah di tanam di sepanjang kanan kiri jalan desa untuk di jaga dan di rawat dengan baik.

Untuk itu di perlukan kerjasama semua pihak dan peran serta masyarakat untuk menjaga dan merawatnya dengan baik. Sehingga bisa tumbuh kembang dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, Pungkasnya. ( R. 07 )

Tidak ada komentar: