Jumat, 06 Maret 2020

Babinsa Ngadirejo Dampingi Petugas Pukesmas Patau Perkembangbiakan Jentik Nyamuk


Magetan. Babinsa Koramil 10/Kawedanan Kodim 0804/Magetan Serda Nurhadi mendampingi Tim dari Kesehatan (Puskesmas) Kawedanan melaksanakan pemantauan dan pengecekan jentik nyamuk/jumantik di Desa Ngadirejo Kecamatan Kawedanan pada Hari Jumat (6/3/20).

Kegiatan ini sangat efektif dilaksanakan selama musim penghujan seperti sekarang ini, untuk mencegah berjangkitnya demam berdarah, warga Desa Ngadirejo Kecamatan Kawedanan. Para petugas pemantau jentik atau jumantik di dampingi Babinsa selain berkeliling kampung memantau jentik nyamuk , juga memberi penyuluhan cara pencegahan penyakit demam berdarah.

Petugas Puskesmas dan di dampingi Babinsa keliling ke rumah rumah warga untuk mencari jentik nyamuk. Selain mencari jentik nyamuk , petugas jumantik memberi penyuluhan tentang bahaya DBD dan cara penanggulanganya. Petugas juga tampak sangat teliti dan tidak segan-segan membersihkan barang-barang bekas yang ditemukan bakal menjadi tempat sarang nyamuk , seperti kaleng bekas dan bak mandi yang bisa di genangi air hujan. Meskipun belum semua warga benar-benar bebas dari demam berdarah, kegiatan ini mendapat sambutan positif dari warga Desa Ngadirejo. Pasalnya kegiatan ini dinilai efektif untuk menekan warga terjangkitnya demam berdarah.

Hadir dalam kegiat ini dari Puskesmas Kawedanan sebanyak 15 orang , Perangkat Desa Ngadirejo , Babinsa Ngadirejo dan di bantu warga setempat.

Kegiatan pengecekan jentik yang dilaksanakan seperti di kamar mandi dan  WC serta bak penampungan air.  Setelah diadakan pengecekan di bak mandi dan penampungan air , ternyata banyak di temukan jentik nyamuk. Selanjutnya petugas memberikan penyuluhan kepada warga supaya menjaga kebersihan di lingkungan rumah terutama kamar mandi, juga disarankan agar diupayakan diadakan pengurasan terhadap bak mandi setiap 2 hari sekali. (R10).

Tidak ada komentar: