Kamis, 05 Maret 2020

Babinsa Nguntoronadi Mengikuti Sosialisasi Corona - Virus (COVED-19) Di Desa Binaan


Magetan. Bertempat di Aula balai desa Nguntoronadi sedang berlangsung sosialisasi corona virus ( coved-19) yang di sampaikan oleh petugas dari Puskesmas Nguntoronadi. Hadir dalam kegiatan tersebut team puskesmas Nguntoronadi yang dipimpin oleh dr Erlik M dkk 5 orang, Kades Nguntoronadi Basuki Rahmat, Babinsa Nguntoronadi Pelda Suwarno, Bhabinkamtibmas, ketua BPD, ketua Rt/Rw, kader kader posyandu . Kamis ( 05/03/20 ).

Apakah virus corona dan bagaimana penyebarannya? COVED - 2019  adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Bedanya dengan virus lain, ujar bu Marmi virus corona ini memiliki virulensi atau kemampuan yang tinggi untuk menyebabkan penyakit yang fatal.

virus ini berbahaya jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru,  yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan berbagai mikroorganisme lain, seperti bakteri, parasit, jamur, dan lainnya.

Pertukaran oksigen tidak bisa terjadi sehingga orang mengalami kegagalan pernafasan. Itulah mengapa virus ini berat karena bukan lagi hanya menyebabkan flu atau influensa tapi dia menyebabkan Pneumonia.

Menurut dr. Erlik M Gejala Covid-19 mirip seperti gejala flu ataupun pilek, Pada mulanya  penderita merasa seperti demam dan kemudin diikuti dengan batuk kering. Setelah satu minggu, pasien akan mengalami tersengal-sengal. Virus ini menyebar ketika partikel masuk ke rongga mulut.

Masa inkubasi - antara penularan dan menunjukkan gejala - adalah sekitar 14 hari, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun sejumlah peneliti mengatakan periode ini dapat memakan waktu 24 hari.

Danpos Ramil ngutoronadi  Pelda Surat saat di konfirmasi meyambut positif kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Pukesmas setempat, sosialisasi ini setidaknya memberi gambaran kepada masyarakat seputar virus corona, sehingga masyarakat lebih waspada terhadap mewabahnya virus corona akhir-akhir ini. (R.11)

Tidak ada komentar: