Jumat, 20 Maret 2020

Koramil 0804/05 Poncol Sosialisasi Keliling Dampak Penyebaran Wabah Virus CORONA


Magetan Jatim ,- Penjuru dunia umumnya saat ini sedang dihebohkan penyakit berbahaya yang dikenal dengan CORONA.
Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dalam istilah lain disebut Covid-19. Penyebaran virus ini sudah mewadah keseluruh dunia termasuk di Indonesia. Penyakit ini menyerang saluran pernapasan dan apabila tidak dideteksi secara dini akan mengakibatkan kematian. Bahkan di Kabupaten Magetan ada pasien meninggal yang terindikasi terkena virus corona.


Hal inilah yang mendasari Koramil 0804/05 Poncol bekerja sama dengan instansi terkait Polsek  dan Puskesmas Poncol mengadakan sosialisasi keliling kemasyarakat akan adanya wabah penyakit corona. Sosialisasi ini dipandang sangat penting guna memberi informasi kemasyarakat yang belum faham akan dampak dari penyakit tersebut dan terkadang menganggap remeh akan keberadaan penyakit corona. Padahal dinegara - negara maju seperti Cina dan Amerika penyakit corona ini sudah menjadi perhatian utama dikarenakan jumlah penderita dan yang meninggal sudah banyak jumlahnya.
Penyebaran virus cavid-19 sangatlah mudah salah satu diantaranya bisa melalui sentuhan tubuh virus ini sudah bisa menular dan bahkan perkembangan virus ini sudah bisa menebus airbone atau udara. Sedemikian rawanya penyebaran ini sangat dipandang penting Koramil 0804/05 Poncol bekerja sama dengan Polsek dan Puskesmas Poncol untuk memberi informasi kepada masyarakat sekitar kecamatan Poncol.

Sosialisasi yang disampaikan Koramil 0804/05  bersama Polsek dan Puskesmas Poncol bertujuan juga mengugah masyarakat sekitar Poncol untuk waspada dan berhati - hati terhadap penyebaran virus Covid-19. Menurut kepala puskesmas Poncol penyebaran virus dapat dicegah dengan pola hidup sehat yaitu makanan yang bergizi dan mengkonsumsi buah. Cara mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker saat berpergian dan mengurangi kegiatan yang berhubungan dengan banyak orang. Cara mendeteksi gejala umum penyakit corona ini adalah muncul  demam, batuk, dan sesak napas. Gejala lain yang lebih detail terkait ciri-ciri awal yaitu, munculnya gejala flu.
Mulai dari sakit kepala, batuk, hidung berair, demam, dan nyeri tenggorokan. Kemudian, bisa muncul juga gejala penyakit infeksi pernapasan berat. Mulai dari demam tinggi, sesak napas, nyeri dada, hingga batuk berdahak bahkan berdarah.Efeknya sangat berbahaya bagi tubuh. Dari kasus yang parah, virus corona ini bisa menyebabkan komplikasi pada penderitanya.®05/03/12*

Tidak ada komentar: