Kamis, 05 Maret 2020

RAT Puap Gapoktan Makmur Lestari Tutup Buku Tahun 2019 Dihadiri Babinsa Kelurahan Panekan

Magetan, Pelda Sukarno Babinsa kelurahan Koramil 0804/03 menghadiri penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puap  Gapoktan  makmur Lestari tutup buku tahun 2019 bertempat di rumah ketua gapoktan  bapak Mulyadi Rt 07/01 kel. Panekan kec. Panekan.  Kamis sore (5/03/20).

Gapoktan Makmur Lestari yang mempunyai dasar hukum maka pelaksanaan Rat sangatlah penting guna untuk mengetahui kemajuan dan keberhasilan gapoktan makmur lestari kelurahan Panekan.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris kecamatan Panekan Samsudin S.sos, Mantri tani Kec. Panekan Ibu Listyorini. SP, Tim tehnis puap dinas pertanian kab. magetan ,  Kepala kelurahan Panekan Suwardi.Spd, Babinsa , Babinkamtibmas  dan anggota Gapoktan makmur lestari 25 orang.

Tujuan dilaksanakannya RAT merupakan sebagai pertanggung jawaban pengurus kepada anggota dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun. Bentuk pertanggung jawaban tersebut dituangkan dalam sebuah laporan.

kepala kelurahan Panekan Suwardi . Spd  meyampaikan dan berharap para poktan menjalin kerjasama antar pengurus gapoktan agar puap kel. panekan kedepan tidak ada permasalahan sehingga dapat berkembang dan lebih maju dari tahun sebelumnya . pungkasnya.

 Sekcam panekan Samsudin S.sos.  memberi ucapan selamat kepada gapoktan makmur lestari yang sudah mengadakan Rat. semoga kedepan dapat mensejahterakan anggota, mengelola dana hibah ini harapan kami tidak ada masalah sekecil apapun . untuk poktan yang belum bisa melunasi pinjaman agar segera diupayakan melunasi sehingga gapoktan makmur lestari dapat berkembang lebih baik lagi. musim sekarang ektrim musim hujan agar warga masyarakat selalu waspada dan antisipasi terjadi bencana serta wajib menjaga pelestarian alam dengan mengadakan gemar menanam berguna sebagai penyerapan air untuk mencegah terjadinya longsor . sekcam juga menghimbau kepada warga agar  peduli tentang sensus penduduk bisa dilaksanakan secara online. sebagai bukti partisipasi mensukseskan sensus penduduk tahun 2020." Imbuhnya"

Di sela sela rapat Babinsa pelda Sukarno menghimbau agar para petani mendukung program swasembada pangan dengan cara meningkatkan kerjasama antara Babinsa dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sehingga hasil yang diperoleh pada masa panen yang akan datang dapat lebih maksimal.

Mantri tani   kecamatan panekan ibu Listyorini, SP. juga menghimbau kepada petani agar senantiasa cepat dan tanggap dalam melaporkan segala kendala yang muncul seperti hama dan penyakit sehingga dapat dilakukan tindakan preventif dan pencarian solusi dengan cepat sehingga kendala segera dapat diatasi.

Masalah keuangan yang dikelola Gapoktan harus terus dikembangkan sesuai dengan aturan untuk kesejahteran seluruh anggota. Setiap kegiatan yang ada di Gapoktan harus ada evaluasi dan laporan kedepan agar lebih baik lagi. Perlu ada keterbukaan antara pengurus dan anggota agar terjalin hubungan yang harmonis.

RAT sebagai bentuk laporan sekaligus evaluasi kegiatan yang sudah berjalan serta merencanakan kegiatan yang akan datang. Melalui RAT ini dapat diketahui kemajuan yang dicapai dalam satu tahun kemarin. Demi kemajuan Gapoktan  makmur lestari agar mampu mensejahterakan para petani. terangnya.  ( R. 03)

Tidak ada komentar: