Selasa, 24 November 2020

Anggota Linmas Desa Genengan Dibekali Ketrampilan Tanggap Bencana

 



Magetan
. Anggota Keamanan Lingkungan Masyarakat (Linmas) merupakan garda terdepan di wilayah pedesaan. Karenanya, perlu pembekalan keterampilan bagi setiap anggota agar sikap tanggap muncul pada saat bencana yang diluar perkiraan datang. Sebagai anggota Linmas, tanggap bencana adalah suatu keharusan sehingga keberadaannya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Oleh sebab itulah Bati Tuud Koramil Tipe B 0804/10 Kawedanan  Pelda Suwanto memberikan pembekalan dan pelatihan Linmas di Desa Genengan. Kegiatan tersebut bertempat di halaman Balai Desa Genengan  Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Selasa (24/11/2020).

 

Pelda Suwanto menjelaskan materi pembekalan yang disampaikan yaitu tentang tugas pokok Linmas. Selain itu, diberikan pengetahuan penangulangan bencana alam yaitu penanggulangan kebakaran, tanah longsor dan banjir, disamping itu untuk menunjang kesiapan mental dan fisik anggota Linmas juga dibekali latihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas dan bela diri dasar.

 

Pembekalan dan pelatihan Linmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas di Desa Genengan  Harapannya Linmas bisa membantu melaksanakan tugas dan kesiapan jika sewaktu waktu terjadi Becana alam didesanya, harapanya anggota Linmas yang telah selesai pelatihan nantinya bukan hanya mampu tanggap bencana tetapi menciptakan situasi dan kondisi masyarakat yang aman, tertib serta mampu melaksanakan penanggulangan bencana secara cepat. (R10)

Tidak ada komentar: